5 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaik

tempat wisata di Sidoarjo

Sidoarjo, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, adalah surga tersembunyi dengan beragam destinasi tempat wisata di Sidoarjo yang memikat hati. Terkenal dengan industri yang berkembang pesat, Sidoarjo menawarkan lebih dari sekadar pemandangan perkotaan.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai objek wisata yang menarik dan memikat, mulai dari keindahan alam yang menakjubkan, jejak-jejak sejarah yang kaya, hingga kelezatan wisata kuliner yang menggoda selera.

Salah satu daya tarik utama Sidoarjo adalah fenomena alam Lumpur Lapindo, yang juga dikenal dengan nama Lumpur Sidoarjo. Fenomena ini telah menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru, menawarkan pengalaman unik yang jarang ditemukan di tempat wisata di Sidoarjo lain. Meski dikenal dengan Lumpur Lapindo, Sidoarjo tidak berhenti di situ dalam menawarkan pesonanya.

Sidoarjo benar-benar merupakan destinasi yang sempurna untuk semua jenis wisatawan. Baik Anda seorang pencinta alam, penggemar sejarah, atau pecinta kuliner, Sidoarjo memiliki sesuatu yang istimewa untuk ditawarkan.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaik 2024

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut dalah kumpulan tempat wisata di Sidoarjo yang memukau dan memanjakan mata. Sidoarjo, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, tidak hanya terkenal dengan industrinya yang berkembang pesat, tetapi juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi.

1. Wisata Bahari Tlocor

wisata bahari tlocor
googleapiscom

Salah satu tempat wisata di Sidoarjo paling favorit adalah Wisata Bahari Tlocor. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam pantai dan laut yang memukau, menjadikannya pilihan sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Di Wisata Bahari Tlocor, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas menarik. Anda bisa berenang di air yang jernih, bermain air bersama keluarga dan teman-teman, atau memancing bagi yang hobi menangkap ikan. Selain itu, bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut yang tenang dan angin sepoi-sepoi juga menjadi kegiatan yang tak boleh dilewatkan.

Baca Juga  Paket Wisata Tegal Mas Lampung: Nikmati Pesona Alam dan Budaya Lampung yang Memukau

2. Museum Mpu Tantular

Bagi Anda yang tertarik dengan sejarah dan budaya, Museum Mpu Tantular adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Anda bisa menemukan arca-arca kuno, prasasti yang mencatat sejarah penting, dan berbagai jenis keramik yang indah.

Museum Mpu Tantular memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mempelajari lebih dalam tentang sejarah dan budaya Jawa melalui koleksi yang tersimpan di sana. Setiap benda yang dipamerkan memiliki cerita dan nilai historis yang tinggi, menjadikan kunjungan ke tempat wisata di Sidoarjo ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga edukatif.

3. Taman Air Panas Buduran

tempat wisata di Sidoarjo

Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit di kalangan warga Sidoarjo dan sekitarnya adalah Taman Air Panas Buduran. Destinasi ini menawarkan pengalaman relaksasi yang unik dengan berbagai kolam pemandian air panas yang berasal dari sumber mata air alami.

Pengunjung dapat merasakan kenyamanan berendam di air panas yang menenangkan dan baik untuk kesehatan. Selain kolam pemandian, Taman Air Panas Buduran juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas rekreasi lainnya.

Anda bisa menikmati kesegaran di kolam renang yang luas, mengajak anak-anak bermain di area permainan yang aman dan menyenangkan, serta menikmati berbagai hidangan lezat di restoran yang tersedia.

4. Lumpur Lapindo

Fenomena alam Lumpur Lapindo yang terjadi pada tahun 2006 di Sidoarjo telah mengubah wajah daerah ini. Lumpur panas yang menyembur dari dalam tanah menyebabkan kerusakan yang luas di sekitarnya, namun kini tempat ini telah bertransformasi menjadi objek wisata yang menarik.

Lumpur Lapindo memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin melihat fenomena alam yang jarang terjadi. Di sini, Anda dapat menyaksikan langsung bagaimana lumpur panas terus menyembur dari dalam tanah, sebuah pemandangan yang mengingatkan kita akan kekuatan dan keajaiban alam.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Alam di Wisata Alam Lumajang

Tempat wisata di Sidoarjo ini juga menjadi saksi bisu dari salah satu peristiwa alam paling signifikan di Indonesia, menambah nilai historis yang mendalam.

5. Candi Pari

tempat wisata di Sidoarjo

Salah satu peninggalan bersejarah yang wajib dikunjungi di Sidoarjo adalah Candi Pari, salah satu candi Hindu terbesar di Jawa Timur. Terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, candi ini menawarkan pesona arsitektur kuno yang memukau dan sarat akan nilai sejarah.

Candi Pari dibangun pada abad ke-13 oleh Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari, menjadikannya salah satu bukti nyata kejayaan masa lalu. Kompleks candi ini terdiri dari tiga candi utama: Candi Pari, Candi Gentong, dan Candi Menak Jinggo.

Masing-masing candi memiliki karakteristik dan cerita tersendiri, mencerminkan keagungan dan keindahan arsitektur Hindu pada masa itu. Mengunjungi Candi Pari tidak hanya memberikan wawasan tentang sejarah dan budaya, tetapi juga menawarkan pengalaman spiritual dan estetika yang mendalam.

Dari keindahan alam di Wisata Bahari Tlocor, relaksasi di Taman Air Panas Buduran, keunikan fenomena alam Lumpur Lapindo, hingga jejak sejarah di Museum Mpu Tantular dan Candi Pari, setiap sudut Sidoarjo menyimpan pesona yang memikat tempat wisata di Sidoarjo ini.