6 Tempat Wisata di Mojokerto 2024

tempat wisata di Mojokerto

Tak ada habisnya membicarakan keindahan Jawa Timur, dan salah satu buktinya bisa Anda temukan dengan menjelajahi berbagai tempat wisata di Mojokerto. Terletak tidak jauh dari Kota Surabaya, Mojokerto dikenal sebagai kota terkecil di Indonesia dengan luas hanya sekitar 16,47 kilometer persegi.

Meskipun berukuran kecil, kota ini menawarkan banyak destinasi wisata yang menakjubkan dan spot foto yang sangat instagramable, khususnya di kawasan Kabupaten Mojokerto.

Rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto Hari Ini

Tidak perlu ragu lagi untuk memasukkan Mojokerto ke dalam daftar destinasi liburan Anda. Setiap sudutnya menyimpan pesona yang tak kalah dengan kota-kota besar lainnya.

Jadi, siapkan kamera Anda dan nikmati setiap momen di kota kecil yang penuh kejutan ini. Tempat wisata di Mojokerto menanti untuk memberikan Anda pengalaman liburan yang tak terlupakan.

1. Terasering Selotapak

Wisata Alam Air Terjun

Bagi Anda yang terpesona dengan keindahan sawah bertingkat seperti di Ubud, Bali, Terasering Selotapak di Mojokerto adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Terletak di kaki Gunung Penanggungan, tempat ini menyuguhkan panorama sawah yang menakjubkan dengan latar belakang Gunung Welirang yang megah.

Aktivitas yang bisa dinikmati tempat wisata di Mojokerto ini antara lain menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam, serta berburu spot foto yang unik dan instagramable. Berjalan kaki di sekitar area persawahan sambil mengabadikan pemandangan yang memukau adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Café Gartenhutte yang terkenal dengan kuliner lezat dan spot foto yang menarik. Hanya dengan perjalanan sekitar 1,5 jam dari Surabaya atau 1 jam dari Malang, Anda sudah bisa menikmati keindahan wisata di Kecamatan Trawas ini.

2. Puncak Watu Jengger

Bagi pecinta aktivitas mendaki atau hiking, Puncak Watu Jengger di Mojokerto adalah pilihan tempat wisata di Mojokerto yang sempurna. Dengan ketinggian sekitar 1.100 mdpl, tempat ini cocok untuk pendaki pemula sekalipun. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan indah perbukitan di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Baca Juga  5 Wisata Alam Air Terjun di Yogyakarta

Untuk mencapai puncak ini, Anda bisa mengikuti jalur Jatirejo – Wonosalam dan melanjutkan ke Desa Nawangan. Pastikan untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar pendakian berjalan lancar. Waktu pendakian biasanya memakan waktu sekitar 2 jam untuk pemula dan 1-1,5 jam untuk pendaki berpengalaman.

Sesampainya di puncak, jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan latar pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

3. Ranu Manduro

tempat wisata di Mojokerto

Ranu Manduro menjadi viral karena keindahannya yang disamakan dengan pemandangan di New Zealand. Tempat wisata di Mojokerto ini menawarkan pemandangan padang rumput hijau yang luas dengan batuan alam yang tersebar, serta latar belakang gunung yang mempesona.

Keindahan ini mengingatkan kita pada lokasi syuting film Jurassic Park. Meskipun terletak di Kecamatan Ngoro, Ranu Manduro bukanlah area wisata resmi, melainkan area pertambangan. Oleh karena itu, pengunjung harus ekstra hati-hati karena adanya kubangan dan batu besar di sepanjang area.

4. Sumber Gempong

Ingin berlibur sambil menikmati keindahan alam sekaligus mencoba berbagai aktivitas seru? Sumber Gempong adalah jawabannya. Terletak di Dusun Sukorame, Mojokerto, tempat wisata di Mojokerto ini menawarkan sumber mata air alami yang dikelilingi pemandangan persawahan terasering dan pegunungan.

Anda bisa berendam dan berenang di kolam renang outdoor yang airnya berasal langsung dari mata air alami. Selain itu, Sumber Gempong juga menyediakan berbagai aktivitas menarik seperti wahana sepeda air, ATV, hingga camping. Nikmati sensasi petualangan yang menyegarkan di Sumber Gempong dan rasakan ketenangan yang menyatu dengan alam.

5. Duyung Trawas Hill

Duyung Trawas Hill adalah tempat wisata di Mojokerto yang menawarkan berbagai aktivitas untuk semua usia. Di sini, Anda dapat menikmati wisata waterpark dan outbound yang dikelilingi panorama alam perbukitan yang menakjubkan.

Baca Juga  Tawangmangu Wonder Park, Keajaiban Wisata di Ketinggian Tawangmangu

Bagi Anda yang berlibur bersama anak-anak, ajak mereka untuk mencoba berbagai aktivitas yang menantang keberanian seperti flying fox dan jembatan gantung. Selain itu, ada juga arung jeram dan panahan untuk dewasa yang ingin merasakan adrenalin.

Tidak hanya itu, Duyung Trawas Hill memiliki mini zoo dengan berbagai satwa seperti ayam kalkun, burung kakatua, dan burung merak. Terdapat juga playground anak dengan berbagai permainan seperti jungkat-jungkit, ayunan, dan kereta kelinci.

Bagi penggemar selfie, spot foto sepeda gantung yang ekstrem tidak boleh dilewatkan. Duyung Trawas Hill benar-benar menghadirkan pengalaman liburan yang lengkap dan menyenangkan untuk seluruh keluarga.

6. Taman Ghanjaran

eling bening semarang

Taman Ghanjaran menawarkan pengalaman wisata yang tak kalah menarik dengan berbagai wahana seru dan ekstrem. Salah satu daya tarik utama tempat wisata di Mojokerto adalah skybike, yang mirip dengan spot foto ekstrem di Bandung, di mana Anda bisa mengayuh sepeda di atas ketinggian dengan latar belakang Gunung Penanggungan dan Gunung Welirang.

Selain skybike, Taman Ghanjaran juga dilengkapi dengan wahana bianglala, pontang-panting, dan berbagai wahana menarik lainnya.

Anda bisa berkeliling taman dengan menggunakan skuter atau mobil mini yang bisa mengangkut empat orang sekaligus. Ada juga wahana ATV untuk petualangan yang lebih seru.

Salah satu atraksi menarik lainnya adalah Cinema 9 Dimensi yang memberikan sensasi seperti naik roller coaster saat menonton video. Taman Ghanjaran adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, menikmati berbagai aktivitas seru di Mojokerto.

Kesimpulan

Mojokerto menawarkan beragam destinasi wisata yang memukau dengan keindahan alam dan aktivitas seru. Mulai dari Sumber Gempong dengan mata air alami dan petualangan, Duyung Trawas Hill dengan aktivitas keluarga yang lengkap, hingga Taman Ghanjaran dengan wahana ekstrem dan seru.

Baca Juga  3 Wisata di Temanggung Terbaru

Setiap tempat menawarkan pengalaman unik yang akan membuat liburan Anda pada tempat wisata di Mojokerto tak terlupakan. Jadi, tunggu apa lagi?