8 Tempat Wisata di Sumedang 2024

tempat wisata di Sumedang

Dalam gemerlapnya Jawa Barat, tempat wisata di Sumedang muncul sebagai sebuah permata yang mengundang untuk dijelajahi. Menghamparkan keindahan alam yang memikat, kota ini memikat hati para pelancong dari dalam dan luar daerah.

Dikenal dengan kelezatan makanan tradisionalnya, terutama tahunya yang lezat, Sumedang bukan hanya sekadar tempat untuk menikmati kuliner, tetapi juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang mengagumkan.

Tiap musim liburan tiba, jangan heran jika Sumedang dipadati oleh pengunjung yang ingin menyaksikan keajaiban alamnya. Dari pegunungan yang menghijau hingga lembah yang memikat, setiap sudut Sumedang menyimpan keindahan yang memikat.

Baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah tak mau melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi keajaiban alam yang ditawarkan oleh kota ini.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Sumedang Terindah

Penasaran dengan tempat-tempat wisata apa saja yang bisa dijelajahi saat berlibur di Sumedang? Ikuti petualanganmu melintasi keindahan alamnya yang tiada duanya.

1. Jatinangor Nasional Park

tempat wisata di solo

Dalam jantung keindahan Sumedang terdapat destinasi yang menawarkan pesona tak terlupakan untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Salah satunya adalah Jatinangor Nasional Park, sebuah tempat wisata di Sumedang yang dirancang dengan konsep yang menggoda untuk membuat pengunjung betah berlama-lama.

Dengan beragam wahana permainan yang menarik seperti rainbow slide, pontang panting, hingga spin 360, keseruan di sini tak akan pernah habis. Namun, tak hanya wahana permainan yang menjadi daya tarik, Jatinangor Nasional Park juga memukau dengan landscape yang memesona.

Kastil megah berwarna-warni dan taman yang didekorasi dengan berbagai macam bunga memperindah suasana, menjadikannya tempat yang ideal untuk berpetualang dan beristirahat.

2. Forest Walk

Forest Walk menjadi destinasi yang menawarkan kedamaian dan keindahan alam di tengah hutan pinus. Pengunjung dapat menikmati kesegaran udara dan ketenangan yang disuguhkan oleh hutan pinus yang menyejukkan.

Baca Juga  Pantai Balekambang: Pesona Keindahan Alam di Tengah Ombak

Dibangun dengan jalan kayu estetik setinggi dua meter dari permukaan tanah, Forest Walk memberikan pengalaman berjalan yang unik di antara pepohonan yang menjulang tinggi. Tak hanya menyegarkan mata, tetapi juga menyegarkan pikiran dan jiwa.

3. Tanjung Duriat

Tanjung Duriat hadir sebagai tempat yang menghadirkan panorama terbaik untuk menikmati keindahan Waduk Jatigede. Setiap harinya, tempat wisata di Sumedang ini menyambut pengunjung dengan pemandangan yang memukau serta berbagai fasilitas menarik.

Mulai dari spot-spot selfie yang menawan, taman bunga yang indah, hingga gardu pandang yang memperlihatkan pesona alam sekitarnya. Ditambah dengan beragam wahana permainan, Tanjung Duriat menjadi destinasi yang cocok untuk berkeliling, berfoto, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam Sumedang.

4. Danau Biru Cilembang

tempat wisata di Sumedang

Danau Biru Cilembang, yang terletak di daerah Cilembang, Kabupaten Sumedang. Keindahan alamnya yang memukau terutama ditandai oleh airnya yang memancarkan warna biru yang menakjubkan. Lokasi ini kerap menjadi pilihan utama para wisatawan yang haus akan pesona alam yang mempesona dan ingin menikmati beragam aktivitas rekreasi.

Mulai dari berenang di air yang jernih hingga sekadar bersantai menikmati pemandangan sekitar, Danau Biru Cilembang memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Dikelilingi oleh perbukitan hijau yang menghijau dan dihembuskan oleh udara segar pegunungan, destinasi ini mengajak pengunjung dari berbagai kalangan untuk menikmati ketenangan dan keindahan alam yang menyegarkan.

5. Kebun Teh Margawindu

Kebun Teh Margawindu menawarkan pengalaman yang memikat bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam perkebunan teh. Terletak di Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, tempat wisata di Sumedang ini memanjakan pengunjung dengan pemandangan yang menakjubkan tanpa dikenai biaya masuk.

Di sini, pengunjung dapat bersantai di warung kopi yang nyaman sambil menikmati suasana alam yang menyejukkan. Dengan suasana yang damai dan panorama alam yang mempesona, Kebun Teh Margawindu menjadi destinasi yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Sumedang dalam segala kemegahannya.

Baca Juga  Wisata Kolam Renang Bandung Indah Waterpark: Sarana Hiburan Keluarga yang Menyegarkan

6. Curug Pasirwangi

Curug Pasirwangi, yang terletak di Desa Sukamaju. Destinasi ini telah menjadi favorit di kalangan warga setempat dan merupakan pilihan liburan keluarga yang menyenangkan. Dengan pemandangan alam yang memesona dan spot-spot yang sangat cocok untuk berfoto-foto, Curug Pasirwangi menjadi tempat wisata di Sumedang yang tepat bagi mereka yang menginginkan pengalaman wisata alam yang autentik dan memukau.

7. Mata Air Cikandung

obyek wisata yogyakarta wajib dikunjungi

Tak jauh dari sana, terdapat Mata Air Cikandung di Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka. Lokasi yang berada di kaki Gunung Tampomas ini menawarkan pengalaman wisata air yang menarik bagi para pengunjung.

Airnya yang jernih dan segar dari kolam mata air Cikandung mengundang untuk dinikmati. Bahkan saat musim panas pun, airnya tetap mengalir tanpa henti, menjadikannya tempat wisata di Sumedang yang sempurna untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati keindahan alam yang hijau dan segar.

8.  Kampung Jarami

Tak kalah menariknya adalah Kampung Jarami, yang berlokasi di Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Destinasi wisata ini menawarkan beragam fasilitas untuk pengunjung, mulai dari kolam renang, gazebo, taman bunga, hingga food court. Bagi para pecinta fotografi, Kampoeng Jarami menyediakan sejumlah spot foto yang menarik, memungkinkan mereka untuk mengabadikan momen-momen berharga dengan latar belakang yang memesona.

Di samping menikmati fasilitas yang disediakan, pengunjung juga dapat menjelajahi keindahan alam sekitar dan menciptakan kenangan tak terlupakan bersama keluarga atau teman-teman.

Dari keindahan tempat wisata di Sumedang memang memiliki magnet tersendiri bagi para pencari petualangan dan ketenangan di tengah pesona alamnya yang memukau. Jelajahi keindahan dan nikmati setiap momen di destinasi wisata yang menawan ini.