7 Tempat Wisata di Demak 2024

tempat wisata di Demak

Tempat wisata di Demak, sebuah bagian yang tak terpisahkan dari keindahan Jawa Tengah. Dikenal sebagai Kota Wali atau Nagari Para Wali, daerah ini tak hanya memikat dengan pesona alamnya, tetapi juga karena peran pentingnya dalam sejarah Islam di Jawa. Benar, jantung Islam Jawa berdetak di sini, dan buktinya terpampang megah dalam keanggunan Masjid Demak dan keabadian makam Sunan Kalijaga.

Masjid Demak, dengan keindahan arsitekturnya yang ikonik, tak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga landmark bersejarah yang menarik perhatian para wisatawan dari berbagai penjuru. Begitu pula dengan makam Sunan Kalijaga, yang tidak hanya menjadi tempat ziarah spiritual, tetapi juga menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang Islam di tanah Jawa.

Namun, kekayaan Demak tidak hanya terpaut pada keagungan spiritualnya. Kabupaten ini juga memamerkan keindahan alam yang memesona, menawarkan destinasi wisata alam yang tak kalah menariknya. Dari pesona pantai hingga kehijauan perbukitan, setiap sudut Demak menjanjikan petualangan yang tak terlupakan.

Jelajahi Tempat Wisata di Demak yang Memikat Hati

Jika Anda bersama keluarga berencana berkunjung ke Demak, ada banyak pilihan tempat wisata di Demak menarik yang bisa Anda jelajahi bersama. Nikmati keindahan alamnya, sambil menapaki jejak sejarah Islam yang kaya akan makna. Kabupaten Demak siap menyambut Anda dengan kehangatan dan keindahannya yang tiada tara.

1. Brown Canyon Demak

tempat wisata di Demak

Mirip dengan Grand Canyon, Amerika, tempat wisata di Demak ini menampilkan keindahan batu cadas berwarna cokelat yang menjulang tinggi. Awalnya merupakan tambang galian yang ditinggalkan, kini menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan pesonanya.

2. Makam Terapung Syekh Mudzakir

Makam ini adalah tempat peristirahatan terakhir bagi sosok pejuang kemerdekaan Indonesia dan ulama terkemuka, Syekh Abdullah Mudzakkir atau lebih dikenal sebagai Mbah Mudzakir. Selain sebagai pejuang, beliau juga dikenal sebagai penyebar agama Islam di pesisir pantai utara Demak.

Baca Juga  6 Tempat Wisata di Mojokerto 2024

Lokasi makam yang berada di tengah-tengah lautan, namun tak pernah tenggelam meskipun air laut pasang, menambah keunikannya. Setiap hari, tempat wisata di Demak ini ramai oleh kedatangan para penziarah dari berbagai daerah, menandakan kebesaran dan pengaruh beliau yang masih dirasakan hingga kini.

3. Hutan Mangrove Morosari Sayung

Setelah merasakan kedamaian di makam Syekh Mudzakir, lanjutkan liburanmu dengan menjelajahi Taman Hutan Mangrove. Terletak berdekatan dengan makam tersebut, Hutan Mangrove Morosari menawarkan pesona alam yang memikat.

Tempat wisata di Demak ini, hutan mangrove yang rindang menjadi rumah bagi beberapa ekor burung bangau yang bersarang di antara dedaunan yang lebat. Kamu dapat menikmati keindahan hutan mangrove dengan menjelajahinya melalui jalur-jalur yang telah disediakan, sambil berfoto di beberapa spot menarik.

Jika ingin merasakan sensasi berbeda, naiklah perahu motor atau mainlah bebek air untuk mengelilingi kawasan ini.

4. Pantai Tirangan Onggojoyo

pantai demak
idntimescom

Sebagai destinasi wisata selanjutnya di Demak, Pantai Tirangan Onggojoyo menawarkan pesona pasir putih yang lembut dan ombak yang menghampar. Terletak dekat dengan Wisata Maron, pantai ini terbatas oleh muara Sungai Silandak.

Dengan pasir yang halus dan tanpa bebatuan, pantai ini mengundang untuk dinikmati dalam berbagai kegiatan seperti memancing, bermain pasir, mengamati tambak ikan, dan menjelajahi spot-spot foto yang menarik.

Jangan lewatkan momen menakjubkan saat matahari tenggelam, menampilkan perubahan warna alam yang memukau di cakrawala, mengakhiri hari dengan pemandangan yang memikat hati.

5. Agrowisata Buah

Rasakan sensasi pedesaan yang indah dan damai sambil menikmati kelezatan buah-buahan khas Demak di Agrowisata Buah. Dengan menawarkan buah belimbing dan jambu merah delima yang memiliki rasa khas, tempat wisata di Demak ini menjadi surga bagi pecinta kuliner dan alam.

Baca Juga  6 Tempat Wisata di Wonogiri 2024

Nikmati segarnya jus jambu dan jus belimbing, sambil memetik buah langsung dari pohonnya. Tak lupa, abadikan momen seru dan mengesankan dengan berburu spot foto terbaik.

Dengan sistem paket yang mengakomodasi sekitar 30 pengunjung, Anda bisa menikmati semua ini dengan biaya sekitar Rp. 50.000,00 per orang.

6. Sentra Kerajinan Batik Demak

kerajinan demak
4.bp.blogspot.com

Meskipun bukan kota asal batik, Demak memiliki sentra kerajinan batik yang menawarkan keindahan motif-motif khas Demak. Salah satunya adalah motif batik yang terinspirasi dari Masjid Agung Demak. Di sentra ini, Anda dapat menyaksikan langsung proses pembuatan batik dan bahkan memiliki kesempatan untuk membelinya sebagai oleh-oleh yang berkesan.

Setelah menikmati keindahan wisata religi dan alam Demak, jangan lewatkan kesempatan untuk memperluas wawasan seni dengan mengunjungi Sentra Kerajinan Batik Demak.

7. Pantai Morosari

Berlokasi di Kecamatan Sayung, Pantai Morosari adalah sebuah permata tersembunyi yang sering kali disebut juga dengan nama Pantai Sayung.

Kedekatannya dengan Makam Syekh Mudzakir menjadikannya sebagai rute yang tepat untuk mengunjungi makam terapung tersebut. Meskipun demikian, keindahan Pantai Morosari sendiri tak boleh dilewatkan begitu saja.

 

Dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya seharga Rp. 5.000,00 per orang, pantai ini buka 24 jam penuh, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahannya kapan pun mereka mau.

Pantai Morosari menjadi pilihan ideal untuk liburan bersama keluarga, menikmati suasana pantai yang khas dan menenangkan. Bagi yang mencari kesempatan untuk “self-healing” setelah hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari, keindahan dan ketenangan tempat wisata di Demak ini bisa menjadi obat bagi jiwa dan raga.

Jelajahi pasir putihnya yang lembut, biarkan diri Anda diselimuti oleh angin sepoi-sepoi laut, atau nikmati panorama matahari terbenam yang memukau. Pantai Morosari tidak hanya sekadar tempat liburan, tetapi juga merupakan perjalanan menuju kedamaian batin.

Baca Juga  8 Wisata Alam Semarang Terbaru

Dengan segala keindahan alamnya, tak heran jika seluruh tempat wisata di Demak ini menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan yang menyentuh hati.