7 Tempat Wisata di Banjarnegara

tempat wisata di Banjarnegara

Apakah Anda merasa jenuh dengan keramaian destinasi wisata yang biasa Anda kunjungi? Jika iya, ada alternatif menarik yang tak boleh Anda lewatkan: tempat wisata di Banjarnegara. Terletak di Provinsi Jawa Tengah, kabupaten yang satu ini mungkin belum sepopuler Jogja atau Solo, namun memiliki pesona yang tak kalah menarik.

Banjarnegara menawarkan pengalaman wisata yang unik. Anda tidak perlu lagi merasa tercekik oleh kerumunan wisatawan atau antrian panjang. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan lebih intim dan santai.

Luasnya sekitar 1.069,73 km persegi, Banjarnegara memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan destinasi populer lainnya. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten lainnya seperti Pekalongan, Batang, Wonosobo, Kebumen, Purbalingga, dan Banyumas. Sebelum menjadi tujuan wisata yang diminati, Banjarnegara dikenal sebagai penghasil dawet ayu yang legendaris.

Jadi, buang jauh-jauh rasa bosan Anda dengan destinasi wisata yang monoton. Sambutlah petualangan baru pada tempat wisata di Banjarnegara, destinasi di mana Anda bisa menemukan keindahan alam yang autentik tanpa hiruk pikuk kepadatan.

Eksplorasi Tempat Wisata di Banjarnegara yang Mempesona

Anda sudah merasa puas dengan memanjakan lidah dengan dawet ayu Banjarnegara? Tidak cukup sampai di situ! Kabupaten ini menyuguhkan lebih dari sekadar kuliner legendaris. Berbagai d tempat wisata di Banjarnegara menarik menanti untuk dieksplorasi. Mari kita simak beberapa di antaranya:

1. Curug Pitu

curug pitu
promediateknologi.id

Langkah pertama Anda adalah mengunjungi Curug Pitu, sebuah air terjun yang memikat di Desa Kemiri, Kecamatan Cigaluh. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 10 km, Anda akan sampai pada destinasi yang memukau ini.

Yang membuat Curug Pitu begitu istimewa adalah keberadaannya yang terdiri dari tujuh tingkatan, memberikan nama yang sesuai dengan bahasa Jawa, “pitu” yang berarti tujuh. Ketika Anda mencapai tingkatan keenam, Anda akan menemukan kolam alami yang sempurna untuk merendam tubuh sambil menikmati gemercik air yang menyejukkan.

Baca Juga  Tempat Wisata Jogja Kekinian 2024

Perjalanan menuju Curug Pitu juga akan memanjakan mata Anda dengan panorama sawah yang luas diiringi oleh pegunungan yang mempesona.

2. Kawah Sikidang

Berikutnya, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kawah Sikidang, sebuah tempat wisata di Banjarnegara yang tak kalah menariknya. Terletak di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, destinasi ini sebenarnya adalah bagian dari dataran tinggi Dieng yang terkenal.

Meskipun Kawah Sikidang adalah gunung api yang masih aktif, keindahan dan strategisnya lokasi menjadikannya salah satu destinasi paling dicari di Banjarnegara. Tiket masuk tidak hanya memberikan akses ke Kawah Sikidang, tetapi juga ke kawasan Candi Arjuna yang mempesona.

3. Candi Arjuna

tempat wisata di Banjarnegara

Jelajahi keajaiban sejarah di Banjarnegara dengan mengunjungi Candi Arjuna, kompleks candi terbesar di Dieng. Terletak dekat dengan Kawah Sikidang, tempat wisata di Banjarnegara ini meliputi luas mencapai 1 hektar. Dalam kompleks ini, Anda akan menemukan empat candi utama yang disebut Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Sembada, dan Candi Puntadewa yang digunakan untuk upacara keagamaan. Di samping itu, ada juga satu candi tambahan bernama Semar.

Keberadaan Candi Arjuna ditemukan pertama kali oleh tentara Belanda bernama Theodorf Van Elf pada abad ke-18, dalam kondisi yang tergenang air. Berkat upaya penyelamatan oleh H.C. Cornelius dari Inggris dan kemudian dilanjutkan oleh J. Van Kirnbergens dari Belanda, candi ini berhasil diselamatkan dari kehancuran. Ini adalah saksi bisu dari warisan budaya yang kaya di wilayah ini.

4. Surya Yudha Park

Namun, keindahan Banjarnegara tidak hanya terletak pada warisan sejarahnya. Surya Yudha Park adalah destinasi wisata air yang cocok untuk keluarga yang ingin bersenang-senang. Terletak di Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, hanya berjarak 5 menit dari Alun-alun Banjarnegara, park ini menawarkan beragam varian kolam, mulai dari kolam balita hingga kolam tsunami buatan yang menarik bagi semua kalangan usia.

Baca Juga  Tawangmangu Wonder Park, Keajaiban Wisata di Ketinggian Tawangmangu

Selain wahana air, Surya Yudha Park juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti sport center, family karaoke, rafting, dan outbond. Ini adalah tempat wisata di Banjarnegara yang sempurna untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, menikmati serangkaian aktivitas yang menarik dan menyegarkan.

5. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS)

Sekarang saatnya membenamkan diri dalam alam di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS). Terletak di tengah hutan yang memikat, dekat dengan makam Ki Ageng Selomanik, pengikut setia Pangeran Diponegoro, TRMS menyuguhkan koleksi hewan yang menakjubkan.

Mulai dari kasuari hingga gajah, Anda dapat menemukan berbagai jenis binatang yang menghuni taman ini. Tidak hanya itu, area bermain anak dan kolam renang berskala provinsi juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mencari hiburan.

6. Kawah Sileri

kawah
isitjawatengah.jatengprov.go.id

Jika Anda mencari petualangan yang lebih mendebarkan, jangan lewatkan Kawah Sileri. Sebagai kawah terluas di dataran tinggi Dieng, tempat wisata di Banjarnegara ini masih aktif dan menawarkan pemandangan spektakuler. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Sileri adalah pagi hari, ketika udara masih segar dan sinar matahari pagi menerangi keindahan alam yang memukau.

7. Telaga Balekambang

Terakhir, tetapi tidak kalah menariknya, adalah Telaga Balekambang. Terletak berdekatan dengan beberapa destinasi terkenal seperti Candi Arjuna dan Kawah Sikidang, Telaga Balekambang menawarkan pesona kuno yang tak terlupakan. Dahulu berfungsi sebagai penampung air untuk melindungi kompleks Candi Arjuna, kini telaga ini menjadi tempat wisata di Banjarnegara yang menarik minat banyak pengunjung. Spot terbaik untuk menikmati keindahannya adalah Dieng Plateau Theater, di lereng Bukit Sikendil.

Setiap sudut Banjarnegara menjanjikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Jadi, siapkan diri Anda untuk menyelami keajaiban alam dan budaya tempat wisata di Banjarnegara.

Baca Juga  Pesona Tempat Wisata di Sleman