5 Wisata Kuliner Suku Tengger 2024

wisata kuliner suku Tengger

Gunung Bromo, siapa yang tak kenal? Namanya melambung tinggi, bahkan hingga ke luar negeri. Namun, tak hanya pemandangan alamnya yang memukau, tapi juga kelezatan wisata kuliner suku Tengger yang luar biasa.

Selain menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan, saat berkunjung ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jangan lupa untuk menjelajahi aneka kuliner khas yang menggugah selera. Mulai dari segarnya rasa bubur Manis Tengger yang lezat, hingga aroma menggoda dari Sate Kuda, semua siap memanjakan lidah Anda.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan wisata kuliner suku Tengger saat mengunjungi kawasan Bromo.

Inilah Wisata Kuliner Suku Tangger di Bromo, Sudah Tahu?

 

1. Nasi Aron

wisata kuliner suku Tengger

Di tengah kawasan Gunung Bromo, terdapat sajian istimewa yang kerap dinikmati oleh masyarakat Suku Tengger: Nasi Aron. Berbeda dari nasi pada umumnya, nasi aron terbuat dari jagung yang memberikan kekenyalan, kekenyangan, dan kebaikan untuk menjaga kadar gula darah.

Tak hanya itu, nasi aron disajikan bersama sayur daun ranti yang khasiatnya melawan diabetes. Meski rasa daun ranti cenderung pahit, namun dengan sentuhan ahli para koki Suku Tengger, sayuran ini menjadi lezat. Kesempurnaan cita rasa wisata kuliner suku Tengger nasi aron ditambah dengan sambal pedas yang akan memberikan sensasi unik saat menikmatinya.

Kombinasi kenyal, pedas, dan pahit dalam satu sajian nasi aron membuatnya begitu istimewa. Namun, ingatlah bahwa nasi aron tidak tersedia di setiap tempat. Anda hanya dapat menikmati kelezatannya di Desa Seruni, yang berlokasi di sekitar Penanjakan 2. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan khas Suku Tengger ini saat berkunjung ke Bromo!

2. Sawut Kabut

Sawut Kabut Bromo tak hanya terkenal di dalam negeri, tapi juga meraih kepopuleran hingga ke mancanegara. Terbuat dari singkong yang diserawut dan dibentuk seperti gunung, kerucut, atau gumpalan kecil, sawut ini memiliki cita rasa wisata kuliner suku Tengger yang bervariasi sesuai dengan jenis ubi yang digunakan di setiap daerah di sekitar Bromo.

Baca Juga  Resep Praktis Membuat Cireng Salju yang Gurih dan Renyah

Untuk mempercantik penampilannya, sawut kabut Gunung Bromo disajikan dengan taburan merbei hitam, mutiara merah, dan irisan daun pandan. Hal ini tidak hanya membuatnya terasa lebih lezat tetapi juga lebih menarik secara visual.

Tak perlu repot, Anda dapat dengan mudah menemukan sawut ini di toko-toko di Kota Probolinggo. wisata kuliner suku Tengger ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kuliner masyarakat Suku Tengger di kawasan Gunung Bromo.

3. Iga Pasir

wisata kuliner suku Tengger

Siapa yang tak tertarik dengan nama makanan yang begitu unik? Iga Pasir Bromo merupakan sajian yang benar-benar berbeda, dimasak dengan cara yang tak lazim, yaitu dengan menggunakan pasir. Rasanya pun tak kalah unik, dengan sentuhan pedas yang menyengat, sangat cocok untuk menghangatkan tubuh Anda di tengah udara dingin kawasan ini.

Anda dapat menemukan kelezatan Iga Pasir Bromo di warung-warung sekitar lokasi wisata. Jadi, saat berkunjung ke Bromo, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian istimewa yang satu ini!

4. Kerupuk Kentang

Kerupuk Kentang Bromo, sebuah cemilan Istimewa, salah satu wisata kuliner suku Tengger yang terbuat dari bahan dasar kentang, yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Diproduksi dengan cara tradisional dan dibungkus dengan rapi, menjadikannya pilihan cemilan yang aman dan sehat.

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh khas dari Bromo, Kerupuk Kentang ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan hanya merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah per kemasan, Anda sudah bisa menikmati kelezatan dan kesehatan dari Kerupuk Kentang Bromo.

5. Wedang Pokak

wedang pokak

Wedang Pokak, minuman herbal yang khas dari daerah Tengger, merupakan salah satu sajian yang tidak boleh dilewatkan setidaknya sekali dalam seumur hidup. Minuman ini, yang juga dikenal sebagai wedang pokak, biasanya disajikan dalam bentuk sirup.

Baca Juga  Mengintip Kelezatan Oleh-Oleh Khas Batang yang Menggoyang Lidah

Dibuat dari campuran beragam rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, serai, jeruk purut, pandan, dan bunga lawang, Wedang Pokak memberikan sensasi hangat yang sangat cocok dinikmati di tengah udara dingin kawasan Bromo. Kandungan jahe dalam wisata kuliner suku Tengger

ini juga memberikan sensasi menghangatkan tubuh yang menyegarkan.

Tak hanya itu, minum Wedang Pokak juga baik untuk kesehatan. Rempah-rempah yang terkandung di dalamnya diyakini memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti ginjal, rematik, batuk, dan sakit kepala.

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya, Wedang Pokak menjadi salah satu minuman yang tak hanya menyegarkan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan dan manfaatnya saat berkunjung ke kawasan Bromo!

Itulah beberapa wisata kuliner suku Tengger yang wajib Anda cicipi ketika berkunjung ke kawasan Bromo. Kira-kira, manakah yang paling menarik perhatian Anda?