6 Tempat Wisata di Wonogiri 2024

wisata alam air terjun Yogyakarta

Tentunya Anda sudah tak sabar menanti liburan panjang? Sebab inilah momen yang tepat untuk merencanakan petualangan seru ke tempat wisata di Wonogiri yang menakjubkan.

Jika berbicara tentang destinasi wisata yang wajib dikunjungi, Wonogiri tak boleh terlewatkan. Terletak di ujung tenggara Jawa Tengah, kota ini menyimpan sejumlah tempat menarik yang siap memukau Anda.

Dengan menjelajahi keindahan alamnya, Anda akan merasakan ketenangan yang mengalir dalam diri. Tatapan takjub pada kebesaran ciptaan Tuhan akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi segar kembali. Tempat wisata di Wonogiri ini sangat cocok untuk Anda kunjungi selama liburan sekolah.

Wonogiri, yang berbatasan dengan Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Samudra Hindia, menawarkan beragam lokasi wisata yang menarik. Mulai dari pantai, danau, pegunungan, hingga objek wisata buatan, semuanya bisa Anda nikmati di sini.

Inilah Rekomendasi Tempat Wisata di Wonogiri Terbaik 2024

Meskipun beberapa lokasi mungkin terasa jauh, namun aksesnya cukup mudah dijangkau dengan kendaraan. Dan percayalah, semua kelelahan dan rasa letih akan terobati begitu Anda sampai di lokasi. Keindahan alam yang eksotis akan memikat Anda dan mengembalikan energi yang hilang.

1. Museum Karst Indonesia

Dengan lokasi yang strategis di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, sekitar 40 kilometer ke arah barat daya dari kota Wonogiri, Museum Karst Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang patut Anda kunjungi. Terletak di lembah Bengawan Solo Purba dan dikelilingi oleh tujuh gua karst yang menakjubkan, museum ini merupakan bukti nyata akan kekayaan karstik Wonogiri yang juga merupakan bagian dari Gunung Sewu Global Geopark Network.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Wonogiri, menjelaskan bahwa museum ini tidak hanya sebagai tempat wisata di Wonogiri, tetapi juga sebagai sarana untuk memperlihatkan kepada pengunjung tentang keberadaan kawasan karst di Wonogiri. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai diorama kehidupan manusia purba, contoh bebatuan karst, serta proses terbentuknya karst yang menarik untuk dipelajari.

Baca Juga  Menikmati Pesona Wisata Alam Bantul

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer ke arah selatan dari kota Wonogiri, juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tempat wisata di Wonogiri ini, Anda akan disuguhi pemandangan memukau di mana debur ombak Samudra Indonesia bertemu dengan hamparan pasir putih yang indah dan tebing-tebing terjal perbukitan karst yang menjulang gagah.

Tak hanya itu, keelokan Pantai Nampu semakin terasa dengan kehadiran tanaman pandan duri yang rimbun di sepanjang tepi pantai, memberikan kesan alami dan memesona bagi para pengunjung. Selain sebagai tempat untuk menikmati keindahan alam, Pantai Nampu juga memiliki nilai historis yang menarik. Camat Paranggupito, Sulistyani, menjelaskan bahwa pantai ini dilindungi oleh tebing yang tinggi dan menjadi penanda batas antara wilayah Wonogiri dengan Pacitan, Jawa Timur.

3. Pantai Sembukan

hotel di kawah ijen

 

Terletak di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Pantai Sembukan menjadi tempat wisata di Wonogiri yang tak boleh dilewatkan. Selain menawarkan keindahan alam yang mempesona, pantai ini juga sering menjadi tempat pelaksanaan ritual masyarakat adat, seperti larung sesaji yang dilakukan pada bulan Suro.

Pantai Sembukan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, fasilitas toilet, rumah makan, hingga tempat ibadah, semuanya tersedia dengan baik. Dan yang lebih menarik lagi, pantai ini hanya berjarak beberapa menit dari Kantor Kecamatan Paranggupito, sehingga mudah diakses oleh para wisatawan.

4. Waduk Gajah Mungkur

Tidak jauh dari pantai tersebut, terdapat Waduk Gajah Mungkur, sebuah destinasi ikonik lainnya di Wonogiri yang patut Anda kunjungi. Tempat wisata di Wonogiri ini, yang pernah menjadi waduk terbesar di Asia Tenggara, bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota Wonogiri, hanya dalam waktu kurang dari 10 kilometer.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Kendal 2024

Waduk Gajah Mungkur menawarkan beragam wahana rekreasi yang menarik bagi pengunjung dari segala usia. Mulai dari taman satwa, perahu wisata, omah jungkir, kampung galau, panggung hiburan, hingga waterboom, semuanya tersedia untuk memenuhi kebutuhan hiburan dan rekreasi Anda dan keluarga.

5. Air Terjun Setren Girimanik

wisata alam air terjun Yogyakarta

Tersembunyi di lereng selatan Gunung Lawu, Air Terjun Setren Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto, merupakan salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Wonogiri. Dengan jarak sekitar 50 kilometer dari arah timur laut Kota Wonogiri, tempat wisata di Wonogiri ini menawarkan keindahan alam yang mempesona bagi para pengunjungnya.

Saat perjalanan menuju air terjun, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan khas pegunungan yang menakjubkan. Mulai dari aliran sungai yang mengalir tenang, hamparan sawah yang hijau, hingga kebun sayuran yang subur yang dibudidayakan oleh warga setempat. Semuanya menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan bagi siapa pun yang mengunjungi tempat ini.

6. Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo

Bagi para pecinta olahraga ekstrem, Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, merupakan pilihan yang tepat. Di sini, Anda dapat merasakan sensasi terbang dengan gantole sambil menikmati pemandangan indah Waduk Gajah Mungkur dari ketinggian.

Namun, jika Anda belum berpengalaman atau tidak berani naik gantole sendiri, tak perlu khawatir. Pengelola tempat ini menyediakan layanan terbang tandem bersama instruktur yang sangat profesional dan terlatih, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman tersebut dengan aman dan nyaman.

Kepala Desa Sendang, Sukamto, menjelaskan bahwa daerah ini memiliki kondisi thermal atau udara panas yang tinggi, sehingga sangat cocok untuk olahraga dirgantara seperti gantole dan paralayang.

Dengan berbagai pilihan tempat wisata di Wonogiri memang layak untuk dijelajahi oleh para pencari petualangan dan penggemar alam. Jadi, apa tunggu lagi?

Baca Juga  Pulau Burung: Keindahan Alam yang Tersembunyi di Tengah Lautan