7 Tempat Wisata di Solo Pasti Murah

tempat wisata di solo 2024

Bosan dengan hiruk pikuk kota yang padat? Temukan ketenangan dan keindahan tempat wisata di Solo gratis yang jauh dari kemacetan. Solo, atau Surakarta, mempesona dengan kekayaan budaya dan sejarahnya.

Meskipun Solo terus berkembang, masih ada tempat-tempat yang tenang dan memesona yang bisa dinikmati tanpa harus terjebak dalam kemacetan. Bahkan yang lebih baik, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya masuk karena semua ini gratis!

Jelajahi Ketenangan Tempat Wisata di Solo Gratis yang Tidak Macet

Solo telah berkembang menjadi kota modern yang menawan, dengan berbagai pembangunan yang dilakukan di segala bidang, termasuk tempat wisatanya. Namun, bagi yang mencari ketenangan tanpa harus terjebak dalam kemacetan, kota ini juga memiliki beberapa tempat wisata di Solo gratis yang menarik untuk dikunjungi.

1. Taman Balekambang Surakarta

tempat wisata di solo

Terletak di pusat kota, Taman Balekambang merupakan salah satu taman kota terbesar di Solo. Dengan jalan setapak yang indah, danau yang bisa dinikmati dengan perahu dayung, dan area bermain anak-anak, taman ini menjadi pilihan sempurna untuk bersantai di bawah naungan pepohonan yang rindang.

2. Tepi Sungai Bengawan Solo

tempat wisata di solo

Di tepi Sungai Bengawan Solo, terdapat tempat yang indah dan tenang untuk berjalan-jalan atau sekadar duduk-duduk santai. Dikelilingi oleh pohon-pohon rindang dan suasana yang damai, taman wisata di Solo gratis ini menawarkan pemandangan alam yang memukau. Pastikan untuk mengunjungi pada sore hari untuk menikmati suasana yang lebih tenang.

3. Museum Radya Pustaka

tempat wisata di solo 2024

Sebagai salah satu museum tertua di Indonesia, Museum Radya Pustaka menawarkan koleksi buku kuno, seni, dan artefak sejarah yang memukau. Masuk ke museum ini biasanya gratis, memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi warisan budaya Solo secara mendalam.

Baca Juga  Rekomendasi 9 Objek Wisata Surabaya

4. Monumen Pers Nasional

Merupakan tempat wisata di Solo bersifat edukasi yang mempersembahkan sejarah perkembangan pers di Indonesia. Tanpa biaya masuk alias gratis, monumen ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB. Museum ini mengoleksi benda-benda bersejarah terkait pers seperti koran, mesin ketik, dan kamera. Alamatnya terletak di Jalan Gajahmada No.59, Timuran, Kecamatan Banjarsari.

5. Benteng Vastenburg

Bagi pecinta sejarah, Benteng Vastenburg merupakan destinasi yang wajib dikunjungi di Solo. Merupakan peninggalan bersejarah dari masa penjajahan Belanda, benteng ini telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya sejak tahun 2010 dan telah mengalami perbaikan. Bentuknya yang unik berupa bujur sangkar dengan ketinggian mencapai enam meter. Wisatawan dapat menikmati kunjungan tanpa biaya masuk, hanya perlu membayar biaya parkir.

6. Taman Cerdas Solo

Taman Cerdas, terletak di daerah Jebres dekat dengan Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta, menawarkan pengalaman liburan yang menarik tanpa harus terjebak dalam kemacetan. Dengan luas mencapai 3,5 hektar, pengunjung cukup membayar uang parkir sebesar Rp2.000 untuk motor. Meskipun gratis, taman ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari gazebo, ruang serbaguna, perpustakaan, ruang IT, ruang audio visual, hingga ruang gamelan dan teater anak.

7. Taman Tirtonadi

Taman Tirtonadi menjadi salah satu destinasi wisata di Solo yang menawarkan pemandangan indah bendungan yang terletak bersebelahan dengan Terminal Bus Tirtonadi. Bendungan ini resmi diresmikan pada tahun 2019 dan dapat dengan mudah dijangkau karena lokasinya yang tepat di sebelah terminal bus tersebut.

Taman Tirtonadi Solo memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi:

  1. Lokasi Strategis, Taman Tirtonadi terletak di daerah yang strategis dekat dengan Terminal Bus Tirtonadi, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu santai setelah atau sebelum perjalanan.
  2. Pemandangan yang Menawan, Taman ini menawarkan pemandangan yang indah dari bendungan yang berada di sekitarnya. Wisatawan dapat menikmati suasana alam yang tenang sambil menikmati keindahan air dan alam sekitarnya.
  3. Fasilitas yang Lengkap, Taman Tirtonadi dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo, area bermain, serta ruang terbuka hijau yang luas. Hal ini membuatnya cocok sebagai tempat berkumpul bersama keluarga atau teman-teman.
  4. Harga Masuk yang Terjangkau, Meskipun menawarkan berbagai fasilitas yang lengkap, Taman Tirtonadi hanya meminta pengunjung membayar biaya parkir yang terjangkau, membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk bersantai dan menikmati alam di Solo.
Baca Juga  10 Wisata Tempat Liburan Solo

Inilah rekomendasi tempat wisata di Solo yang menawarkan pemandangan beragam. Selamat menikmati liburan di Solo, kota yang kaya akan budaya dan sejarah!

Nikmati Liburan Tempat Wisata di Solo Gratis Secara Cerdas

Jelajahi keindahan tempat wisata di Solo dengan lebih nyaman dan praktis secara cerdas, salah satunya menggunakan penyedia layanan rental mobil yang memiliki beragam keunggulan. Dengan rental tersebut Anda dapat menikmati liburan tanpa khawatir transportasi, sehingga Anda bisa fokus menikmati setiap momen berharga di Solo.

Dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan dengan layanan rental mobil terbaik dengan mengelilingi seluruh tempat wisata di Solo yang sudah kami sampaikan di atas.