6 Tempat Wisata di Klaten 2024

tempat wisata di klaten

Ingin liburan seru tanpa harus jauh-jauh dari Yogyakarta? Tempat wisata di Klaten adalah pilihan tepat untuk menjelajahi keindahan alam terbaru yang menakjubkan. Terkenal dengan sumber mata air yang jernih dan segar, Klaten juga menawarkan pemandangan perbukitan, sawah, dan panorama Gunung Merapi yang memukau.

Tak heran jika para wisatawan berduyun-duyun menuju Klaten untuk merasakan pesonanya yang memikat. Untuk memudahkan liburan Anda, Traveloka telah merangkum daftar tempat wisata di Klaten terbaru tahun 2024 yang wajib Anda kunjungi.

Rekomendasi Daftar Tempat Wisata di Klaten Terbaru 2024

Dari jembatan gantung yang mempesona hingga sumber mata air yang menyegarkan, setiap sudut Klaten menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Jadikan momen liburan Anda lebih berkesan dengan menjelajahi pesona alam tempat wisata di Klaten bersama orang-orang tersayang!

tempat wisata di klaten

1. Ekowisata Kali Talang

Menyaksikan keindahan Gunung Merapi dari dekat menjadi pengalaman tak terlupakan di Ekowisata Kali Talang. Lokasi tempat wisata di Klaten ini strategis di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, sekitar 31 km dari pusat kota, membuatnya mudah dijangkau. Tanpa perlu mendaki, Anda bisa menikmati panorama Gunung Merapi hanya dengan berjalan kaki lima menit dari tempat parkir.

Selain menawarkan pemandangan yang memukau, Ekowisata Kali Talang dilengkapi dengan spot-spot menarik seperti jembatan bambu, gardu pandang, dan area camping di ketinggian 1.160 mdpl. Bagi pecinta petualangan, trek sepeda di Kali Tangan bisa menjadi pilihan menarik. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen indah bersama Gunung Merapi dari jembatan bambu.

Perlu diingat, jika datang dari arah timur, sebaiknya hindari rute melalui Kali Woro yang berbahaya, gunakan saja akses Jalan Raya Manisrenggo. Sedangkan dari arah barat, Anda bisa mengikuti petunjuk dari Google Maps dengan aman.

Baca Juga  Keindahan Menakjubkan Pulau Ranoh Batam: Surga Tersembunyi di Kepulauan Riau

2. Jembatan Girpasang

Saatnya menikmati pesona alam Klaten dari ketinggian dengan mengunjungi Jembatan Girpasang, tempat wisata di Klaten terbaru yang sedang hits di tahun 2022. Dengan panjang 120 meter di atas jurang 150 meter, Jembatan Girpasang menghubungkan Dusun Ngringin dan Dusun Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kemalang.

Untuk menikmati pengalaman melintasi jembatan ini, cukup membayar tiket masuk mulai dari Rp2.000. Jangan lewatkan juga kesempatan naik gondola yang menambah sensasi petualanganmu. Harga tiket Gondola Girpasang dimulai dari Rp60.000 untuk satu gondola yang bisa menampung hingga empat orang. Ajaklah orang-orang tersayangmu untuk merasakan keseruan liburan di wisata Klaten terbaru ini!

3. Umbul Pelem Waterpark

Nikmati liburan seru bersama keluarga di Umbul Pelem Waterpark, salah satu tempat wisata di Klaten terbaru yang wajib dikunjungi. Dengan pemandangan persawahan yang menyejukkan, waterpark ini menawarkan berbagai wahana seru mulai dari seluncuran, kolam anak, kolam terapi ikan, hingga flying fox.

Lokasinya yang terletak di Jalan Tegalgondo – Janti, Dukuh Wunut, Kecamatan Tulung, tidak jauh dari Umbul Ponggok membuatnya mudah dijangkau. Umbul Pelem Waterpark buka setiap hari mulai pukul 05.00-16.00 dengan harga tiket mulai dari Rp8.000 untuk weekday dan Rp10.000 untuk weekend. Ayo, jadikan liburanmu lebih berkesan dengan menghabiskan waktu di wisata Klaten terbaru ini!

4. Umbul Manten

Meskipun bukan termasuk yang terbaru, pesona Umbul Manten tetap mengundang banyak wisatawan untuk datang. Wisata ini memang punya daya tarik tersendiri karena kejernihan airnya yang memungkinkan pengunjung untuk berfoto di dalam air menggunakan kamera bawah air.

Kejernihan airnya begitu memukau, bahkan Anda bisa melihat detail bebatuan kerikil di dasar kolam dari pinggirannya. Tersedia tiga kolam di sini, mulai dari kolam utama dengan kedalaman 1,5 meter hingga kolam khusus anak-anak.

Baca Juga  Keindahan Bukit Lamreh, Pesona Alam yang Mengagumkan

Untuk menikmati keindahan alam ini, cukup bayar tiket masuk mulai dari Rp10.000 saja. Anda juga bisa menyewa perlengkapan berenang seperti kacamata dan pelampung dengan berbagai bentuk. Dan jangan lewatkan kesempatan untuk menyewa properti foto agar momen di dalam kolam bisa lebih berkesan. Lokasinya di Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, sekitar 19 km dari pusat kota.

5. Umbul Ingas

Klaten memang tak pernah kehabisan tempat wisata di Klaten, umbul yang memesona. Salah satunya adalah Objek Wisata Mata Air Cokro (OMAC) yang populer dengan nama Umbul Ingas. Nama ini diambil dari lingkungan sekitarnya yang dikelilingi pepohonan ingas yang rindang.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai wahana seru seperti Waterboom Cokro Tulung dan berbagai aktivitas air seperti snorkeling, rafting, river tubing, dan berbagai permainan outbond. Cocok sekali untuk liburan bersama keluarga!

6. Umbul Sigedang Kapilaler

Masuk ke kawasan Desa Ponggok, Umbul Sigedang Kapilaler adalah destinasi wisata terbaru yang layak dikunjungi di Klaten. Di sini, Anda bisa bermain air dan berenang di mata air Sigedang dan Kapilaler yang menawarkan segarnya air dan suasana pedesaan yang memesona. Jangan lewatkan juga spot foto unik di sekitar pohon beringin besar yang menjadi ciri khas tempat ini. Lokasinya di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

Itulah sejumlah rekomendasi tempat wisata di Klaten terbaru tahun 2024. Anda dapat menemukan lebih banyak tempat wisata di Klaten saat ini.