tempat liburan solo

Solo, kota budaya yang sarat akan sejarah, menawarkan tempat liburan solo yang memikat serta warisan bersejarah yang tak ternilai harganya. Terletak di Provinsi Jawa Tengah, kota ini memancarkan keindahan yang mengagumkan bagi setiap pengunjungnya.

Dikenal sebagai kampung halaman dari Presiden Jokowi, Solo memegang gelar sebagai kota budaya dengan kekayaan warisan dari Kesultanan Mataram, yang pada masa lalu dipecah melalui Perjanjian Giyanti tahun 1755. Keraton yang menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah tersebut, kini menjadi destinasi yang mengagumkan dengan kekayaan budaya dan sejarahnya.

Tak hanya populer di Indonesia, Solo juga menarik perhatian dari mancanegara. Dengan beragam pilihan tempat liburan solo, mulai dari belanja batik, kuliner khas, hingga kegiatan budaya, Solo menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Jangan Lewatkan Seluruh Tempat Liburan Solo Terbaru Ini!

Menjelajahi kota budaya seperti Solo adalah suatu keharusan. Tidak hanya sebagai ajang rekreasi, tetapi juga sebagai sarana untuk belajar dan melestarikan warisan budaya nenek moyang. Berikut ini beberapa tempat liburan Solo dari budaya hingga bersenang gembira.

tempat liburan Solo

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat menjadi ikon terkemuka di Solo. Sebagai tempat bersejarah, keraton ini menjadi penjaga berbagai aspek budaya kerajaan yang masih lestari hingga saat ini. Namun, perlu diingat bahwa kunjungan ke keraton ini memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi karena lingkungan keraton dijaga dengan ketat. Kunjungan dapat dilakukan pada hari Senin hingga Kamis antara pukul 09.00 hingga 14.00.

2. Kampung Wisata Batik Kauman

Salah satu destinasi wisata di Solo yang patut Anda kunjungi adalah Kampung Wisata Batik Kauman. Terletak di pusat kota, kampung ini menjadi tempat liburan Solo yang ideal untuk mempelajari seni batik. Batik-batik yang diproduksi di Kampung Batik Kauman merupakan hasil karya handmade, sehingga tidak mengherankan jika harganya cukup fantastis. Banyak pelanggan dari luar negeri yang jatuh hati pada keindahan batik buatan Kampung Wisata Batik Kauman ini.

Baca Juga  Menyeberang Cinta di Love Bridge Taman Impian Jaya Ancol

3. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta, yang juga dikenal dengan nama Keraton Solo, mempunyai sejarah panjang dalam perkembangan Islam di kota Solo. Terletak di sekitar alun-alun utara, masjid ini terus menjalani proses renovasi bertahap guna memastikan bahwa fasilitasnya tetap dapat digunakan dengan baik. Masjid ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk poliklinik, perpustakaan, dan serambi yang disediakan oleh pemilik atau pengurus masjid.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu menjadi destinasi wisata alam yang terkenal di Solo. Dengan pemandangan air terjun yang menyegarkan, tempat ini adalah surga bagi pencinta alam. Dikelilingi oleh tebing hijau yang mempesona, Grojogan Sewu Tawangmangu adalah tempat liburan Solo yang sempurna untuk menyegarkan pikiran dan jiwa. Tiket masuknya terjangkau, hanya seharga Rp. 18.000 per orang. Lokasinya pun cukup dekat dari pusat kota, hanya sekitar 37 km, dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog merupakan destinasi alam lainnya di Solo yang menakjubkan. Tersembunyi di lereng Gunung Lawu, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memesona dan akan membuat Anda takjub. Dikelengkapi dengan beragam fasilitas seperti jungkat-jungkit, gazebo, ayunan, dan warung jajan, Air Terjun Jumog menjadi tempat yang cocok untuk bersantai. Harga tiket masuknya pun terjangkau, hanya Rp. 5000 per orang.

6. The Heritage Palace Solo

The Heritage Palace adalah tempat liburan Solo terbaru yang menawarkan nuansa Eropa yang memesona. Berlokasi di bekas pabrik gula Belkamu yang direvitalisasi, tempat ini cocok bagi para penggemar selfie.

Setiap sudutnya dipenuhi dengan nuansa Eropa klasik yang memikat, membuat Anda seolah-olah berada di luar negeri. Anda bahkan dapat menyewa kostum untuk menambah keseruan. Tiket masuknya hanya Rp. 55.000 per orang.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Solo Pasti Murah

 

7. Parang Ijo

Parang Ijo adalah destinasi wisata alam lainnya yang menawarkan pesona alam yang memukau. Terletak di antara pepohonan yang tinggi menjulang dan diapit oleh gunung, air terjun ini memanjakan mata dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Selain menikmati pemandangan alam yang memesona, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas seperti mushola, gardu pandang, dan warung yang menyediakan berbagai hidangan lezat.

8. Candi Ceto

Candi Ceto, yang terletak di Karanganyar, menawarkan arsitektur Hindu-Nusantara yang memukau. Terletak di ketinggian 1496 mdpl, candi ini memberikan pemandangan yang spektakuler, terutama saat langit biru dan awan putih menjadi latar belakang. Cocok untuk menikmati alam, budaya, dan tentu saja untuk berfoto-foto. Tiket masuknya hanya Rp. 7.000 per orang.

tempat liburan solo

9. Tumurun Private Museum

Museum pribadi ini adalah surga bagi para pecinta seni di Solo. Dikelola oleh Iwan Kurniawan Lukminto, museum ini menampilkan koleksi karya seni kontemporer dan modern yang menakjubkan. Tempat liburan Solo ini cocok untuk berswafoto sambil menikmati keindahan seni dari sudut pandang yang berbeda. Meskipun tidak memerlukan biaya masuk, Anda perlu melakukan reservasi melalui website resminya karena jumlah pengunjung dibatasi setiap hari.

10. De Tjolomadoe

Bangunan bekas pabrik gula Belanda ini, setelah direvitalisasi, langsung menjadi hits di Instagram. Setiap sudutnya memang sangat instagramable. Di tempat liburan Solo ini, selain bersantai, Anda juga dapat belajar tentang sejarah perkebunan gula. Tempat ini buka setiap hari kecuali Senin, dengan tiket masuk seharga Rp. 25.000 per orang.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan dan keunikan tempat liburan Solo yang Instagramable di Solo dan manfaatkan Altha Rent sebagai solusi perjalanan Anda.

Baca Juga  Tempat Wisata Solo: Menikmati Pesona Keindahan dan Sejarah Solo