kuliner Solo terkenal

Siapa yang tak kenal dengan kelezatan kuliner solo terkenal? Kota yang populer dengan sejuta cita rasa ini tak pernah kehabisan daya tarik untuk para penikmat kuliner. Namun, terkadang kita lupa bahwa masih ada banyak lagi kuliner lezat yang belum pernah kita cicipi.

Selain nasi liwet, gudeg, timlo, dan selat yang sudah menjadi favorit banyak orang, ada juga kuliner-kuliner lain yang tak kalah menggoda di Solo. Ingin tahu apa saja?

Eksplorasi Kuliner Solo Terkenal yang Terlupakan!

Siapa sangka, di balik popularitas nasi liwet dan gudeg, terdapat ratusan rahasia kuliner Solo terkenal menakjubkan yang belum kita telusuri. Mari kita buka kotak Pandora kuliner dengan beberapa sajian istimewa yang mungkin belum pernah menggoda lidah Anda.

kuliner solo terkenal

1. Brambang Asem

Nama yang unik untuk sajian yang tak kalah menggugah selera. Brambang asem menghadirkan jlegor (daun ketela rambat) dengan sambal berbumbu brambang (bawang merah), cabai, asam, dan gula jawa yang membuat perpaduan pedas manis dan masam.

Rasanya semakin lengkap saat disantap dengan tempe gembus. Cobalah di Pasar Gede Solo, harga per porsinya sekitar Rp 5.000. Tentu kuliner Solo terkenal ini bisa langsung Anda dapatkan dengan harga murah tapi tidak murahan terkait rasanya.

 

2. Ledre

Ledre, sejenis jajanan khas Solo yang menggoda, terbuat dari campuran tepung ketan, pisang, dan parutan kelapa. Gorengan pipih berbentuk lingkaran ini kemudian ditikuk dan siap untuk dinikmati.

Ledre Laweyan di Kampung Batik Laweyan adalah salah satu tempat di mana Anda dapat menemukan nikmatnya ledre. Tentu, kuliner Solo terkenal membuat Anda semakin mengenal jenis makanan yang khas betul dan membuat Anda ketagihan.

Baca Juga  5 Wisata Kuliner Suku Tengger 2024

3. Tengkleng Kepala Kambing

Di tengah deretan sajian kambing yang biasa, tengkleng kepala kambing utuh menjadi pilihan unik. Tidak banyak tempat yang menyajikan menu ini, tetapi Anda bisa menemukannya di warung Tengkleng Mbak Diah, Jalan Ahmad Yani 380, Kerten, Laweyan, Solo atau di barat bundaran Tanjunganom, Kwarasan, Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang berbatasan dengan Kota Solo.

4. Tahok

Tahok, minuman khas Solo yang menyegarkan, berisi kuah jahe, gula aren, dan serai dengan tambahan kembang tahu dari kedelai. Nikmati perpaduan manis, gurih, dan hangat pedas jahe di depan Pasar Gede, dengan harga Rp 9.000 per porsi dari legendaris Tahok Pak Citro.

5. Cabuk Rambak

Cabuk rambak, hidangan unik terdiri dari irisan ketupat yang disiram dengan bumbu cabuk, campuran wijen halus dan rempah yang memberikan cita rasa khas. Sajikan dengan rambak, kerupuk karak khas Solo, dan nikmati di warung nasi liwet dengan harga yang terjangkau, biasanya tidak lebih dari Rp 10.000 per porsi.

6. Bakmi Toprak

Bakmi toprak, sajian berkuah bening mirip sop dengan tambahan bakmi kuning, tahu, tetelan sapi, janggelut, tempe, dan kacang goreng. Untuk yang doyan pedas, tambahkan potongan cabai sebagai pelengkap.

Rasakan cita rasa autentiknya di Warung Bakmi Toprak Mangkuyudan atau Bakmi Toprak Mbak Sri dengan harga mulai Rp 12.000 hingga Rp 20.000.

7. Intip

Ada Intip, makanan ringan yang terbuat dari nasi yang dikeringkan dan digoreng. Tersedia dalam berbagai varian rasa seperti asin, gula jawa, dan original. Intip bisa Anda beli sebagai oleh-oleh di berbagai toko. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan kuliner-kuliner ini saat berkunjung ke Solo.

8. Pecel Gendar

Pecel Gendar adalah varian unik dari pecel khas Solo yang tidak menggunakan nasi, melainkan gendar. Gendar sendiri terbuat dari nasi yang diolah menjadi kenyal dan mengembang, menggunakan bahan yang lebih aman seperti tepung kanji.

Baca Juga  Resep Praktis Membuat Cireng Salju yang Gurih dan Renyah

Rasanya tetap autentik dengan sambal pecel yang khas. Meski sudah jarang ditemui, Anda masih bisa menikmatinya di Pasar Gede Solo. Memang inilah kuliner Solo terkenal yang bisa langsung Anda coba hari ini.

kuliner Solo terkenal

9. Roti Kecik

Roti Kecik merupakan kue kering tradisional Solo yang telah ada sejak tahun 1811. Terbuat dari tepung ketan, kue ini memiliki bentuk seperti jari. Roti Kecik sudah menjadi ikon toko roti Ganep’s yang berada di Jalan Sutan Syahrir No. 176, Setabelan, Banjarsari, Solo.

10. Gempol Pleret

Minuman khas Solo ini menggabungkan gula merah dan santan dengan isi berupa gempol dan pleret. Gempol, berwarna putih, terbuat dari tepung beras sementara pleret memiliki isi gula merah dan bentuk pipih.

Rasanya gurih dan manis, sempurna dinikmati dengan es. Anda bisa menemukannya di Pasar Gede Solo atau di warung Bakmi Toprak Mangkuyudan.

 

Dengan keanekaragaman kuliner tradisionalnya, Solo menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Segera jelajahi dan nikmati kelezatan yang belum pernah Anda coba sebelumnya dengan Altha Rent, nanti akan jelajah lebih mudah dan nyaman dengan menyantap seluruh kuliner Solo terkenal yang semakin viral pada tahun 2024 ini.