4 Destinasi Wisata Cilacap 2024

destinasi wisata cilacap

Inilah persembahan destinasi wisata Cilacap versi alam yang tak hanya bertumpu pada pesona pantainya. Tersembunyi di balik keindahan pasir putih dan ombak yang memikat, terdapat serangkaian destinasi alam yang menakjubkan menanti untuk dijelajahi.

Mungkin selama ini Anda terpesona oleh kecantikan pantai Cilacap, namun kali ini, mari kita keluar dari kawasan pasir dan memperluas pandangan kita. Ada begitu banyak pesona alam yang menakjubkan menanti untuk ditemukan di sini.

Mari kita mulai dengan menyelami keindahan hutan yang memikat. Jauh dari hiruk pikuk kota, hutan-hutan di Cilacap menawarkan ketenangan dan keasrian alam yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Hijaunya pepohonan yang menjulang tinggi dan nyanyian burung-burung liar menjadi latar belakang yang sempurna untuk melupakan kepenatan sehari-hari dan menyatu dengan alam.

Jangan biarkan diri Anda terpaku hanya pada keindahan pantai yang memikat. Cilacap memiliki lebih banyak lagi untuk ditawarkan. Sambutlah keindahan alam yang memikat di setiap sudutnya dan jadikan petualangan Anda sebagai destinasi wisata Cilacap yang tak terlupakan.

Inilah Destinasi Wisata Cilacap yang Alamnya Memukau

Ayo, temukan pesona alam yang menakjubkan di destinasi wisata Cilacap dan buatlah kenangan indah yang akan dikenang sepanjang masa. Ini dia daftarnya!

destinasi wisata cilacap

1. Hutan Pinus Karanggedang

Pertama-tama, mari kita mengulik keindahan yang tersembunyi di Hutan Pinus Karanggedang. Terletak di Jalan Pisang Karanggedang, Sidareja, Cilacap, hutan ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memesona, tetapi juga suasana yang tenang dan menyejukkan bagi para pengunjungnya.

Bukan hanya sebagai destinasi wisata Cilacap untuk berwisata sehari, di sekitar hutan pinus ini tersedia penginapan yang nyaman, cocok untuk liburan bersama keluarga. Namun, perlu diperhatikan bahwa area wisata ini cenderung ramai saat musim liburan. Jadi, bagi yang ingin merasakan kedamaian sejati, direkomendasikan untuk mengunjunginya di hari-hari biasa atau pada hari kerja.

Baca Juga  Pantai Widuri Pemalang, Wisata di Pesisir Jawa

2. Wisata Hutan Payau

Selanjutnya, kita hadir di Wisata Hutan Payau, tempat di mana keunikan alam bertemu dengan kelestarian lingkungan. Terletak di Desa Karang Talun, Kecamatan Tritih Kulon, Kabupaten Cilacap, hutan payau ini sudah menjadi bagian dari kota sejak tahun 1978.

Dengan jarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Cilacap, akses menuju destinasi ini sangatlah mudah. Mengusung konsep konservasi, hutan payau ini memamerkan keberagaman flora dengan luas mencapai 10 hektar dan menyajikan lebih dari 15.000 jenis pohon yang tumbuh di dalamnya. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk menjelajahi keindahan Segara Anakan yang menakjubkan.

Dengan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, Wisata Hutan Payau siap menyambut pengunjung yang ingin merasakan pesona alam yang memikat. Jika ingin menikmati keindahan alam secara optimal, disarankan untuk mengunjunginya pada sore hari.

3. Gunung Selok

Terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Gunung Selok menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut. Dari puncaknya, para pengunjung disuguhi pemandangan yang menakjubkan, meliputi hamparan sawah yang hijau, pepohonan yang menjulang, dan gemerlap lautan yang menyegarkan mata. Sudah bisa Anda bayangkan betapa indahnya panorama alam yang bisa Anda nikmati dari puncak Gunung Selok.

Wisata Gunung Selok buka setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, siap menyambut para petualang yang ingin menyaksikan keajaiban alam ini. Bagi yang tertarik untuk berkunjung, arahnya cukup jelas. Dari Alun-Alun Cilacap, Anda dapat mengarahkan langkah menuju Jalan A. Yani untuk mencapai destinasi ini.

4. Waduk Kubangkangkung

Waduk Kubangkangkung, satu-satunya wisata waduk yang ada di Cilacap. Nama yang unik ini memiliki latar belakang yang menarik. Ternyata, destinasi wisata Cilacap ini dinamai sesuai dengan asal usulnya yang dahulu hanyalah kubangan air dengan tumbuhan kangkung yang tumbuh di atasnya.

Baca Juga  Keindahan Menawan Pantai Pancer Puger Jember

Terletak di Desa Kubangkangkung, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, waduk ini tersembunyi di tengah hutan jati yang lebat, jauh dari permukiman penduduk. Begitu tiba di destinasi wisata Cilacap  ini, pengunjung akan disambut dengan beragam wahana seru, seperti kereta listrik, mandi bola, ATV, dan mini trail.

Waduk Kubangkangkung buka setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Bagi yang tertarik untuk camping, kawasan ini bahkan buka 24 jam, memungkinkan Anda untuk merasakan malam yang nyaman di alam terbuka.

destinasi wisata cilacap

5. Curug Cimandaway

Selanjutnya, kita akan bergerak menuju ke Curug Cimandaway, yang terkenal sebagai air terjun tertinggi di Cilacap, Jawa Tengah. Dengan ketinggian mencapai lebih dari 100 meter dan bentuk yang unik dengan undakan-undakan yang memukau, Curug Cimandaway menawarkan pesona alam yang menakjubkan bagi para pengunjungnya.

Suasana alam di sekitar air terjun ini begitu menyejukkan, dengan hamparan tumbuhan hijau yang rimbun dan udara segar yang memanjakan indra. Keunikan dari Curug Cimandaway adalah aliran airnya yang tidak terlalu deras, sehingga cocok untuk wisata keluarga yang aman dan menyenangkan.

Terletak di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, air terjun ini dapat dinikmati setiap hari, mulai dari Senin hingga Minggu, dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keajaiban alam dari destinasi wisata Cilacap yang memukau ini. Jadikan perjalanan Anda di Cilacap sebagai pengalaman yang tak terlupakan bersama Altah Rent.