5 Wisata Alam Air Terjun di Yogyakarta

wisata alam air terjun Yogyakarta

Yogyakarta, sebuah kota dengan keindahan alam dan wisata alam air terjun yang memesona, tersembunyi di balik pesona sejarah dan budayanya yang kaya. Di antara gemerlapnya kota dan kekayaan budaya, terdapat surga tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi, air terjun yang menawan. Tak hanya menjadi saksi bisu akan keindahan alam, melainkan juga menyajikan kesegaran dan keasrian yang memikat hati siapa pun yang mengunjunginya.

Wisata alam air terjun di Yogyakarta tidak hanya merupakan tempat wisata biasa, tetapi juga sebuah perjalanan menuju kedamaian alam. Dari jatuhnya air yang gemericik hingga hijaunya pepohonan yang menjulang, setiap sudut air terjun mengundang jiwa petualang untuk merasakan keajaiban alam yang disajikan secara utuh.

Dengan keindahan alam yang begitu memukau, tak ada alasan untuk melewatkan kunjungan ke air terjun di Yogyakarta. Mereka bukan hanya sekadar tempat wisata, melainkan juga saksi bisu akan kebesaran alam dan keindahan yang ditawarkan. Jadi, siapkan ransel dan kenakan sepatu hiking, karena petualangan menuju segarnya air terjun Yogyakarta menunggu untuk dijelajahi.

Jelajahi Keindahan Wisata Alam Air Terjun di Yogyakarta

Inilah beberapa wisata alam air terjun di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi dan pastikan tidak melewatkan salah satunya, bahkan semuanya.

wisata alam air terjun Yogyakarta

1. Air Terjun Telogo Muncar

Nikmati keindahan alam yang memesona di wisata alam air terjun Telogo Muncar, terletak di Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Air terjun ini berasal dari mata air di bukit Plawangan Gunung Merapi, memberikan pemandangan yang menawan bagi para pengunjung. Akses menuju lokasi sangatlah mudah, hanya dengan menyusuri Jalan Kaliurang hingga sampai di kawasan wisata Kaliurang, dan ikuti petunjuk menuju ke air terjun.

Baca Juga  Puri Mataram: Jejak Megah Kekayaan Budaya Nusantara

Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, area wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas perkemahan, sehingga Anda bisa merasakan sensasi berkemah yang menyegarkan.

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, tak perlu khawatir, karena pengelola telah menyediakan area bermain yang ramah bagi keluarga. Biaya masuk sangat terjangkau, hanya Rp 8000 saja dengan biaya parkir mulai dari Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

2. Air Terjun Kembang Soka

Sambutlah keindahan alami di Air Terjun Kembang Soka, terletak di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, Yogyakarta. Keunikan air terjun ini terpancar dari warna airnya yang memukau, berkilau tosca kebiruan yang menawan hati setiap pengunjung.

Di sepanjang aliran wisata alam air terjun, Anda akan disuguhi dengan banyak kolam alami yang memikat untuk berendam. Tidak hanya itu, batuan-batuan air terjun dan dasar sungainya menampilkan warna kekuningan yang menakjubkan, sementara tebing merah marun memperindah panorama alamnya.

Biaya masuk yang sangat terjangkau hanya sebesar Rp 1000, dengan tarif parkir mulai dari Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil. Jelajahi keindahan alam yang menakjubkan di Air Terjun Kembang Soka dan rasakan kesegarannya yang menyegarkan jiwa dan pikiran Anda.

3. Grojogan Watu Purbo

Sambangi Grojogan Watu Purbo, sebuah wisata alam air terjun unik yang terletak di Dukuh Bangunrejo, Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keistimewaan air terjun ini terletak pada strukturnya yang terdiri dari 6 tingkatan, terbentuk dari penahan lava Gunung Merapi di masa lalu. Di sekitar air terjun, terdapat batuan-batuan tua yang menambah pesona eksotis air terjun ini.

Akses menuju lokasi juga sangat mudah, Anda bisa mengikuti Jalan Magelang hingga sampai di lampu merah Tempel, lalu belok ke utara.

Baca Juga  Tempat Wisata Solo: Menikmati Pesona Keindahan dan Sejarah Solo

4. Air Terjun Sri Gethuk

Jelajahi petualangan tak terlupakan di Air Terjun Sri Gethuk, yang terletak di Gunung Kidul dan dikenal sebagai destinasi air terjun tertinggi di daerah tersebut. Di wisata alam air terjun ini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan air terjun, tetapi juga bisa merasakan sensasi naik flying fox dan rafting yang menegangkan. Tempat wisata ini buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Untuk memasuki lokasi wisata, tiket masuknya terjangkau dengan harga Rp 15.000. Namun, jika Anda ingin menaiki flying fox, Anda perlu membayar tambahan sebesar Rp 30.000, sementara untuk body rafting dipatok dengan biaya Rp 35.000.

Jadi, siapkan diri Anda untuk petualangan yang seru dan tak terlupakan di Air Terjun Sri Gethuk, tempat di mana keindahan alam dan sensasi petualangan bertemu dalam satu destinasi.

wisata alam air terjun Yogyakarta

5. Air Terjun Pulosari

Rasakan pesona alam yang memikat di Air Terjun Pulosari, yang terletak di Desa Krebet, Pajangan, Bantul, Yogyakarta. Salah satu ciri khasnya adalah aliran air terjun yang menyerupai tirai, menjadi pesona tersendiri bagi para pengunjung. Di musim hujan, debit air yang deras semakin menambah keindahan air terjun ini, namun disarankan untuk mengunjunginya saat musim penghujan agar tetap dapat menikmati keindahan alamnya.

Selain menikmati panorama alam yang menakjubkan, pengunjung juga dapat merasakan sensasi permainan ekstrem seperti climbing dan rapelling di bagian barat wisata alam air terjun. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanya untuk parkir kendaraan, cukup terjangkau dengan tarif Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.

Dengan keindahan yang memikat dan beragam kegiatan seru yang ditawarkan, wisata alam air terjun di Jogja ini wajib dikunjungi bagi siapa pun yang mencintai petualangan dan ingin merasakan keajaiban alam Yogyakarta yang tiada duanya. Jelajahi bersama Altha Rent.

Baca Juga  Tempat Wisata di Daerah Jawa Tengah