Segarnya Minuman untuk Sahur Agar Kuat Puasa

minuman untuk sahur agar kuat puasa

Puasa bukanlah alasan untuk merasa lesu. Bersiaplah menjalani puasa dengan semangat penuh dan tubuh yang segar dengan minuman untuk sahur agar kuat puasa ini. Praktis, enak, dan pastinya membuat puasa semakin bersemangat.

Bulan suci Ramadhan mengajarkan kita kesabaran dan keikhlasan. Namun, di tengah cuaca panas yang bisa membuat tubuh terasa lelah, penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Tak perlu khawatir, minuman untuk sahur agar kuat puasa yang tepat akan membantu menjaga energi dan semangat selama puasa. Tapi ingat, jangan tambahkan gula berlebihan agar kadar gula darah tetap stabil dan tubuh tetap bertenaga sepanjang hari.

Dari minuman segar hingga yang menyegarkan, ada banyak pilihan minuman yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah dan cepat. Jadi, gunakan resep minuman spesial untuk sahurmu dan nikmati puasanya dengan semangat yang tak kenal lelah!

minuman untuk sahur agar kuat puasa

Segera Sajikan Minuman untuk Sahur Agar Kuat Puasa Hari Ini

Tak perlu bingung lagi memikirkan menu minuman saat sahur. Kami hadirkan beberapa resep minuman untuk sahur agar kuat puasa yang sehat dan praktis, siap membuat sahurmu lebih berkesan dan menyehatkan.

1. Susu Kacang Edamame

Minuman sehat ini cocok untuk memulai pagi sebelum berpuasa. Rasanya lezat, kaya akan nutrisi, dan tentu saja mudah untuk disiapkan! Kamu bisa menikmatinya baik dalam keadaan dingin maupun hangat, sesuai dengan selera.

Bahan-bahan:

  • 100 gram kacang edamame yang sudah direbus dan dikupas kulitnya
  • 200 ml susu cair
  • 200 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 3-4 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat Susu Kacang Edamame:

  1. Rebus kacang edamame hingga empuk, kemudian kupas dan timbang 100 gram.
  2. Campurkan dengan air, lalu blender hingga halus dan saring menggunakan kain bersih untuk memisahkan ampasnya.
  3. Rebus air, susu, kacang edamame, gula pasir, dan daun pandan sambil diaduk hingga mendidih.
  4. Saring susu yang telah matang, sajikan hangat atau dingin dengan tambahan es batu.
Baca Juga  Lezatnya Makanan Khas Cirebon, Nikmati Jajanan Legendaris Jawa Barat !

2. Air Kelapa

Air kelapa menjadi pilihan minuman untuk sahur agar kuat puasa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Bahkan, katanya, air kelapa dapat membantu mencegah serta mengatasi gangguan pencernaan seperti maag yang seringkali muncul saat berpuasa.

 

Minuman sahur praktis ini bisa kamu buat dengan menyediakan 2 butir kelapa muda. Pastikan untuk tidak menambahkan gula ke dalam air kelapa. Jika ingin menambahkan rasa manis, kamu bisa menggunakan potongan buah jeruk manis atau buah segar lainnya untuk cita rasa yang alami dan menyegarkan.

3. Teh Hangat

Dalam bulan suci Ramadhan, teh hangat selalu menjadi pilihan yang menyegarkan untuk sahur. Bukan hanya memberikan rasa hangat di perut, teh juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan teh juga dapat membunuh kuman bakteri di mulut, membantu menjaga kebersihan oralmu. Untuk mengurangi risiko bau mulut, minumlah teh hangat tanpa tambahan gula.

4. Susu Kurma

Jika kamu memiliki stok kurma yang melimpah selama bulan Ramadan, manfaatkanlah untuk membuat minuman sahur yang lezat, yaitu susu kurma. Rasa khas buah kurma akan memberikan sentuhan istimewa pada sahurmu.

Resepnya pun tidak sulit, cukup rendam kurma selama beberapa jam, lalu blender bersama kacang almond atau hazelnut, susu UHT, dan madu. Sajikan dengan es batu untuk kesegaran ekstra. Dengan begitu, sahurmu akan lebih bergizi melalui minuman untuk sahur agar kuat puasa.

5. Air Nabeez

Sudah pernah mencoba infused water? Ada Air Nabeez, yang dibuat dari rendaman buah kurma dan lemon. Minuman sehat ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu proses detoksifikasi.

Baca Juga  Raa Cha Kelapa Gading: Tempat Makan Seru dengan Sajian Pedas dan Lezat

Proses pembuatan minuman untuk sahur agar kuat puasa pun sangat praktis, dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Rendam kurma dan lemon dalam air selama beberapa jam, simpan dalam kulkas untuk kesegaran maksimal, dan Air Nabeez siap dinikmati! Jangan lupa, kurma yang telah direndam juga bisa dimakan untuk tambahan nutrisi.

minuman untuk sahur agar kuat puasa

6. Smoothie Blueberry Muffin

Bagi yang menginginkan minuman yang tinggi protein dan rendah gula, Smoothie Blueberry Muffin bisa menjadi pilihan tepat. Resep smoothie ini memberikan sensasi seperti memakan kue muffin blueberry tanpa harus khawatir dengan tambahan gula yang tidak sehat.

Cocok untuk menu sahur, terutama bagi yang sedang menjalani program diet. Campurkan susu almond atau susu UHT, yogurt Yunani, havermut, selai kacang, buah blueberry beku, madu, dan es batu ke dalam blender. Blender hingga halus, tambahkan air jika konsistensinya terlalu kental, dan nikmati kelezatan Smoothie Blueberry Muffin yang segar dan bergizi!

Dengan pilihan minuman untuk sahur agar kuat puasa semakin menyehatkan. Pastikan menikmati sahur dengan semangat yang baru setiap hari.