makanan khas solo

Makanan khas Solo tidak hanya menyuguhkan keindahan tempat wisata, tetapi juga memanjakan lidah dengan berbagai cita rasa yang memikat. Solo, Kota Batik yang terkenal, memiliki gudang kuliner yang tak boleh dilewatkan, dan salah satu yang paling dicari adalah Bubur Gudeg Solo.

Bubur Gudeg Solo adalah kuliner istimewa dengan paduan cita rasa beraneka ragam, mulai dari manis yang menggoda, legit yang memikat, hingga gurih asin yang mengundang selera. Setiap suapannya membawa pengalaman kuliner yang tak terlupakan, menjadikan Bubur Gudeg Solo sebagai pilihan utama bagi pecinta makanan lezat.

Jangan khawatir soal harga, karena Solo terkenal sebagai kota dengan biaya hidup terendah. Mencicipi kelezatan Bubur Gudeg Solo tidak akan membuat kantong para pelancong jebol. Selain itu, Solo juga menyajikan beragam makanan khas lainnya yang tak kalah menarik.

Tingkatkan pengalaman kuliner Anda di Solo dan rasakan sendiri kelezatan Bubur Gudeg Solo yang tak tertandingi. Jadikan setiap kunjungan ke Solo sebagai petualangan kuliner yang memuaskan dan jaminan kelezatan yang membuat Anda kembali lagi dan lagi!

Nikmati Kelezatan Makanan Khas Solo Terbaru 2024

Solo, destinasi wisata kuliner yang tak terlupakan, memanjakan lidah dan perut Anda dengan beragam makanan khas yang memikat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa makanan khas Solo yang akan membuat lidahmu termanjakan.

makanan khas solo

1. Lenjongan Pasar Gede

Lenjongan, jajanan pasar legendaris yang sebagian besar terbuat dari singkongan, menghadirkan kelezatan khas Solo. Dari grontol, jagung, jongkong, gendar, sawut, klepon, tiwul, getuk, ketan hitam, cenil, hingga ketan putih, semuanya disajikan dengan parutan kelapa dan diberi sentuhan gula jawa yang dicairkan, tanpa pewarna buatan dan bahan pengawet.

Baca Juga  Kelezatan Oleh-Oleh Khas Jepang, Aneka Rasa Asia !

Meskipun langka, Anda masih bisa menemui lenjongan ini di lapak Bu Sum Pasar Gede. Nikmati paket lengkap lenjongan legendaris dengan harga terjangkau, hanya Rp 5000.

2. Nasi Liwet Wongso Lemu

Solo tidak hanya terkenal dengan seni dan budaya, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang tak terbantahkan, termasuk nasi liwet. Salah satu warung nasi liwet legendaris yang patut dicoba adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, berdiri sejak tahun 1950 dan terus ramai pengunjung hingga saat ini.

Dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu, makanan khas Solo ini menawarkan cita rasa nikmat dan lezat. Paket nasi liwet Solo di warung ini menyajikan nasi gurih, telur rebus, ayam suwir, sayur labu, dan sambal, menjadikannya pilihan sempurna untuk santap sore atau malam para warga Solo.

3. Bubur Gudeg Solo

Bubur gudeg Solo, kuliner khas yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi Surakarta. Berbeda dengan konsep gudeg biasa yang disantap dengan nasi putih, bubur gudeg Solo menggoda selera dengan tekstur lembut dan gurih dari campuran santan di dalamnya.

Dalam satu hidangan, nikmati kelezatan bubur beras dengan ketan susu, disajikan dengan beragam toping menggugah seperti sayur gudeg, telur, ayam, uritan, ati ampela, dan ceker ayam manis dan pedas.

Setiap suapan bubur gudeg ini membawa kekayaan rasa yang memanjakan lidahmu sejak suapan pertama. Jelajahi cita rasa unik makanan khas Solo melalui kuliner istimewa ini.

4. Serabi Notosuman

Serabi, makanan khas Solo, tetap eksis dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang lezat. Keunikan cita rasa serabi Solo terletak pada cara tradisional memasaknya, menggunakan tungku kecil yang menghasilkan aroma nikmat. Rasakan kelezatan serabi Notosuman dan sambut cita rasa khas kota Surakarta yang tak terlupakan.

Baca Juga  12 Makanan Khas Mandailing

5. Sate Kere Solo

Sate, salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang berhasil mendunia, hadir dengan keunikan tersendiri di Solo melalui Sate Kere. Apa yang membedakan Sate Kere Solo dengan sate dari daerah lain di Indonesia? Jawabannya terletak pada bahan utamanya, tempe gembus, yang membuat sate ini begitu istimewa.

“Kere” dalam Bahasa Jawa mengandung makna miskin atau tanpa uang, mencerminkan sate ini yang terbuat dari bahan super sederhana, yaitu tempe gembus. Meski menggunakan bahan murah, Sate Kere ini tidak kalah lezat dengan sate ayam atau daging lainnya. Harganya pun sangat ramah di kantong, hanya Rp 5000, sehingga siapa pun bisa menikmati kelezatan cita rasa Solo.

Salah satu penjual Sate Kere yang paling terkenal adalah Sate Kere Yu Rebi, buka setiap hari mulai pukul 5 sore. Pastikan untuk datang lebih awal agar tidak kehabisan, karena kepopulerannya membuatnya selalu dicari oleh para penikmat kuliner.

makanan khas solo

Di Solo, selain Sate Kere, masih banyak makanan khas Solo yang bisa Anda coba, semua dengan cita rasa autentik dan lezat. Harga yang ramah di kantong juga menjadi daya tarik tersendiri. Jadi, apa yang akan menjadi pilihan pertamamu dalam menjelajahi kelezatan makanan khas Solo?