Shena Malsiana Meninggal, Begini Penyebabnya

Shena Malsiana Meninggal Dunia

Foto Shena Malsian sumber : aceh.tribunnews.com/2023/10/26/kabar-duka-penyanyi-jebolan-x-factor-indonesia

Globetrottinginheels – Shena Malsiana, seorang musisi yang meraih ketenaran melalui kompetisi X Factor Indonesia, telah meninggal dunia pada hari Rabu (25/10) akibat lupus nefritis. Lupus nefritis adalah suatu kondisi yang menyerang ginjal dan merupakan bagian dari penyakit autoimun lupus. Kabar duka ini diumumkan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. 

Shena telah berjuang melawan penyakit autoimun ini selama beberapa waktu dan sering membagikan perjalanannya dalam menghadapinya kepada publik. Diagnosis lupus nefritis diterima oleh Shena pada tahun 2021, yang kemudian menyebabkan gagal ginjal kronis karena kondisi tersebut.

 Lupus adalah penyakit autoimun

Penyakit auotimun, Lupu adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan organ tubuh sendiri. Dilansir dari informasi yang ada di situs Mayo Clinic, lupus adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang disebut autoantibodi yang dapat menyerang berbagai jaringan dan organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Lupus nefritis, seperti yang diderita oleh almarhumah Shena Malsiana, terjadi ketika autoantibodi lupus memengaruhi organ ginjal dan menyebabkan pembengkakan serta iritasi pada ginjal.

Berikut beberapa gejala lupus nefritis yang perlu diwaspadai:

– Terdapat darah dalam urine,

– Urine terlihat berbusa akibat tingginya kandungan protein,

– Tekanan darah tinggi,

– Terjadinya pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, atau kadang-kadang pada tangan dan wajah,

– Tingginya kadar kreatinin dalam darah.

Pada kasus yang parah, gangguan ini dapat menyebabkan gejala seperti urine berdarah, tekanan darah tinggi, hingga gagal ginjal. Selain itu, orang yang menderita lupus nefritis juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker.

Terutama jenis kanker yang dimulai pada sel sistem kekebalan tubuh yang dikenal sebagai limfoma sel B. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga  Tiket Coldplay Pindah Tangan? Begini Jawaban dan Syaratnya

Demikianlah penjelasan mengenai lupus nefritis yang menjadi masalah kesehatan yang dihadapi oleh Shena Malsiana sebelum beliau meninggal dunia.

Rencana Pemakaman Shena

Shena Malsiana akan dimakamkan pada hari Kamis, 26 Oktober 2023, di TPU Grubug Bojong Nangka, Tangerang, Banten. Sebelum prosesi pemakaman, jenazahnya akan disolatkan terlebih dahulu di Masjid Al Muhajirin Catalina. 

Informasi mengenai lokasi rumah duka Shena Malsiana adalah di Greenwich Park, Cluster Whitsand C8/27, BSD City. Prosesi pemakaman ini akan dimulai dengan keberangkatan menuju Masjid Al Muhajirin Catalina pada pukul 11.00 untuk dilaksanakan shalat jenazah, dan setelah shalat Dzuhur sekitar pukul 12.30, almarhumah akan dibawa ke TPU Grubug Bojong Nangka untuk dimakamkan. Semoga almarhumah Shena Malsiana diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

Profil Singkat Shena Malsiana

Shena Malsiana, yang lahir pada tanggal 14 Oktober 1991 di Jakarta, telah berpulang dalam usia 32 tahun. Ia dikenal sebagai seorang penyanyi dengan darah campuran Jepang-Bengkulu.

Shena menyelesaikan pendidikan SMA-nya di SMA Al-Azhar Bumi Serpong Damai dan melanjutkan pendidikannya di Universitas Pelita Harapan dengan jurusan Broadcasting Journalism. Sebelum meraih kesuksesan. 

Shena berusaha keras untuk meniti karir di industri musik. Ia mengikuti audisi Indonesian Idol sebanyak empat kali sebelum akhirnya mendapatkan pengakuan melalui penampilannya di X Factor Indonesia tahun 2023, meskipun kemudian tereliminasi di babak 4 besar. Shena Malsiana akan dikenang atas perjalanan dan kontribusinya di dunia musik Indonesia.