Di Tanggal 27 Oktober Hari Apa, Ini Daftarnya

Kalender dan peristiwa tanggal 27 Oktober

Illustrasi Tanggal 27 Oktober dikalender | sumber : .detik.com/jabar/20/Otober

Setiap tanggal dalam kalender memiliki sejarah dan arti pentingnya masing-masing. Salah satunya adalah tanggal 27 Oktober, yang diperingati sebagai hari bersejarah dalam berbagai negara dan budaya di seluruh dunia. Dalam hal ini, tidak sedikit yang menanyakan tanggal 27 Oktober hari apa ?

Pada tanggal ini, peristiwa-peristiwa penting telah terjadi, tokoh-tokoh bersejarah lahir, dan momen-momen bersejarah dirayakan. Seiring berjalannya waktu, tanggal 27 Oktober menjadi sebuah titik referensi untuk mengenang dan merayakan sejarah. 

Budaya, dan peristiwa yang memberikan pengaruh besar pada dunia. Dalam paragraf berikut, kita akan menjelajahi beberapa peristiwa dan tokoh yang terkait dengan tanggal 27 Oktober ini.

1. Hari Kucing Hitam Sedunia

Kucing adalah hewan yang disukai banyak orang. Namun dari sekian banyaknya kucing dengan warna mereka. Orang seringkali menghindari kucing hitam. Mereka berpikir kucing dengan bulu warna hitam tidak menarik jelek dan semacamnya. 

Nahasnya adalah perlakuan tidak adil pada kucing berbulu hitam tidak berhenti disana. Di Banyak bagian pada cerita dan budaya barat. Kucing hitam dihindari dan dipersekusi. Karena kaitan mereka dengan para penyihir jaman dulu.

Mitos yang menjelekan kaum kucing itu begitu tidak nyata dan parah. Karena itulah tanggal 27 Oktober muncul sebagai hari kucing hitam sedunia. Ini dilakukan untuk memerangi stigma buruk pada kucing berwarna gelap. Yang mana tingkat adopsinya rendah dan angka kematiannya tinggi. 

2. Hari Listrik Nasional

Hari listrik nasional | sumber : detik.com/sulsel/berita/d-6369724/sejarah-hari-listrik-nasional-yang-diperingati-27-oktober

Dari anabul dengan warna gelap yang mirip seperti batman di kota Gotham. Kita berpindah ke listrik. Yup, tegangan, resistensi, voltase di hari tanggal 27 Oktober inilah konsep-konsep yang berkaitan dengan listrik terasa seperti hari ulang tahun mereka. Karena di tanggal 27 Oktober ini pertama kalinya listrik menjadi substansi lain yang mengalir selain air di Indonesia.

Baca Juga  Rekomendasi Sewa Mobil Jaguar di Cirebon Super Murah !

Kalau kalian tidak percaya cobalah untuk membaca laporan national geographic. Karena berdasarkan laporan mereka tanggal 27 Oktober tahun 1897. Pemerintah belanda mulai mengembangkan penggunaan listrik di Indonesia. Dimana di daerah Gambir, Jakarta salah satu perusahaan listrik dibangun di Indonesia. 

3. Hari Penerbangan Nasional 

Tanggal 27 Oktober juga menjadi hari dimana burung-burung yang terbang di langit nusantara.Dikejutkan oleh sosok burung besi besar yang bisa terbang tanpa mengepakan sayapnya. Di tanggal 27 ini menjadi tanggal dimana Indonesia menerbangkan pesawat naik tinggi lepas dari tanah bumi pertiwi. 

27 Oktober 1945, dua bulan setelah indonesia mendeklarasikan kemerdekaan mereka. Salah satu pesawat jepang yang berhasil dirampas oleh tentara Indonesia diterbangkan. Pesawat jenis cureng itu mengudara dari lapangan Maguwo, Yogyakarta dan dipiloti oleh Adisucipto. 

Saat ini, pesawat Cureng tersebut telah direstorasi dan dipajang di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta. Tujuan dipajang untuk memperingati kontribusi bersejarah pesawat Cureng dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

4. Hari Nevada

Gambar negara bagian Nevada | sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Nevada#/media/File:Nevada_in_United_States.svg

Hari Nevada dirayakan pada hari Jumat terakhir di bulan Oktober setiap tahun, dan untuk tahun ini, tanggal perayaan jatuh pada 27 Oktober.

 Nevada Day adalah momen penting untuk merayakan status Nevada sebagai negara bagian ke-36 yang bergabung dengan Amerika Serikat. Pada hari bersejarah ini, pemerintah setempat telah menetapkannya sebagai hari libur nasional. 

Dalam sejarahnya, Nevada pernah menjadi bagian dari Meksiko setelah memperoleh kemerdekaan pada tahun 1821. Sayangnya, kemudian direbut kembali oleh Amerika Serikat setelah kemenangan mereka dalam Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1848.

 Kemudian, Nevada menjadi terkenal sebagai “Negara Perak” setelah penemuan deposit perak yang melimpah di Comstock Lode pada tahun 1859. Keberhasilan ini memicu ledakan populasi dan akhirnya memisahkan Nevada dari wilayah Utah pada tahun 1861. Pada 31 Oktober 1864, Nevada resmi menjadi negara bagian ke-36 dalam Amerika Serikat.

Baca Juga  Hari Santri Nasional dan Penjelasan Menariknya

5. Hari Warisan Audio Visual

Kalau kamu pernah menemui konten dengan judul ‘kalau ini tidak didokumentasikan, tidak akan ada yang percaya.’ Maka kamu baru saja menemukan konten yang menjadi ide utama hari hari warisan Audio Visual.

Hari warisan audio visual ada dengan tujuan untuk mengingatkan pentingnya pengarsipan dan pelestarian sumber audio visual atau AV.

Pentingnya Hari-Hari Tanggal 27 Oktober

Tanggal 27 Oktober adalah sebuah hari yang penuh dengan makna dan penting dalam sejumlah konteks yang berbeda. Dalam sejarah Indonesia, hari ini menjadi momen peringatan penting seperti Hari Dokter Nasional, menghormati jasa para tenaga medis dalam membantu kesehatan rakyat.

 Namun, tanggal ini juga bisa memiliki arti khusus bagi individu-individu yang merayakan ulang tahun, merayakan peristiwa penting dalam hidup mereka, atau bahkan memperingati hari-hari perayaan dan momen spesial lainnya. Dalam keragaman peristiwa dan makna yang diberikan pada tanggal 27 Oktober. 

Kita diingatkan akan berbagai perayaan dan peringatan yang menghubungkan kita dengan sejarah, budaya, dan momen-momen penting dalam hidup kita masing-masing. Sehingga, setiap tanggal dalam kalender adalah peluang untuk merayakan kehidupan, berkumpul bersama keluarga, dan merenungkan makna yang lebih dalam dalam setiap momen yang berlalu.

Tidak hanya tanggal 27 Oktober yang menyimpan hari-hari penting tersembunyi. Tanggal-tanggal lain juga menyimpan misteri hari yang sama menariknya. Yuk cari tahu lebih banyak di globetrottinginheels.