Andi Amran Sulaiman Menjadi Menteri Pertanian

Ali Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Indonesia Amran | sumber : detik.com/jatim/bisnis/d-7000691/amran-sulaiman-kembali

Melalui acara pelantikan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, hari Rabu, 25 Oktober 2023. Andi Amran Sulaiman secara resmi dilantik oleh presiden Joko Widodo untuk menjadi menteri pertanian. Pada sisa masa jabatan periode 2019-2024 tersebut. 

Diketahui bahwa pelantikan Andi Amran Sulaiman berdasarkan pada Keputusan Republik Indonesia Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024. Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan menteri yang dilantik pada acara tersebut.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Di Akhir acara pelantikan Andi Amran Sulaiman sebagai menteri pertanian. Presiden Joko Widodo mengakhiri acara dengan pemberian ucapan selamat. Kemudian pemberian ucapan selamat diikuti oleh para tamu undangan terbatas yang hadir. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Kepala staf presiden Moeldoko, sekretaris Kabinet Pahala Mansury, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo SIgit Prabowo turut serta dalam menghadiri acara pelantikan tersebut

Andi Amran menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada presiden Joko Widodo. Beliau merasa bersyukur bahwa pada hari pelantikan. Dirinya merasa diberikan kepercayaan dan tanggung jawab untuk menjabat sebagai menteri Pertanian kepada awak media

Ia juga menyampaikan akan langsung bekerja menyelesaikan masalah-masalah pertanian yang ada di Tanah air. Dalam keterangan yang dia sampaikan setelah acara pelantikan selesai. Andi Amran tidak lupa juga menyampaikan rasa apresiasi kepada Presiden Joko Widodo. Atas tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan kepadanya

Baca Juga  Pendaftaran Capres Cawapres 2024 Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Menurut Amran, melakukan konsolidasi dengan tim kementerian pertanian adalah langkah pertama yang tepat. Hal lainnya yang dikatakan Amran adalah bawa kekosongan pupuk menjadi salah satu masalah yang dihadapi para petani Indonesia. Karena dikhawatirkan akan mengakibatkan hasil pertanian menurun.

“Ini kita selesaikan dulu dengan teknis lainnya. Tapi sebelumnya kami akan konsolidasi, kami akan langsung siang ini rapat bersama eselon 1, 2, 3, jadi ini langsung kerja. Siang ini jam 1 insyaallah kita sudah rapat,” tutur Amran.

Amran Memiliki Pengalaman Yang Mumpuni

Menurut keterangan yang diberikan Presiden Indonesia Joko Widodo. Amran dinilai sudah mumpuni dalam bidang pertanian dari segi pengalaman. Tidak hanya itu, Amran juga dinilai akan mudah beradaptasi dengan birokrasi di Kementerian Pertanian. Karena Amran pernah menjabat di posisi tersebut pada periode 2014-2019

“Dia sudah berpengalaman, jadi tidak perlu belajar lama. Pak Arman juga sudah tau Dirjennya siapa-siapa saja dan tidak perlu belajar lagi,” ucap Jokowi usai menyerahkan bantuan beras dan sembako di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Padang pada Rabu 25 Oktober 2023. 

Selain itu, presiden Joko Widod juga menyampaikan. Bahwa beliau menginginkan sosok menteri yang langsung bisa bekerja. Dia tak memilih orang baru. Karena keputusan tersebut dinilai akan membutuhkan waktu untuk adaptasi bagi menteri 

Target Pekerjaan Amran Sebagai Menteri Pertanian

Kepada Amran Sulaiman, Jokowi sudah memberikan target yang harus dicapai dalam pekerjaannya. Target pekerjaan tersebut berupa kenaikan produksi beras. Meskipun target sudah dijelaskan. Namun masih belum ada penjelasan lebih rinci tentang berapa persen kenaikan produksi beras yang diinginkan

“Tugasnya adalah mengejar produksi padi dan beras sesuai target yang sudah saya berikan. Angka nyatanya silahkan tanya ke Arman,” katanya. Bukan tanpa alasan, presiden Joko WIdodo memberikan tugas itu. Karena melalui kenaikan produksi beras. Maka itu berarti harga beras di pasaran juga bisa ditekan. “Produksi beras melimpah, barulah harga beras bisa turun kembali,” ucapnya.

Baca Juga  Begini Kronologi Kecelakaan Kereta Api Argo Semeru

Kandidat-Kandidat Lain Yang Dilantik Selain Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman bukanlah satu-satunya orang yang bisa langsung bekerja. Menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang terjerat kasus korupsi. Yang kini telah ditahan oleh Komisi Pemberantassan Korupsi (KPK).

Ada Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo adi sebagai pelaksana Menteri Pertanian yang ditunjuk oleh Jokowi. Selain itu, Letjen Agus Subiyanto juga dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai kepala Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Jenderal Dudung Abdurrahman yang akan memasuki masa pensiun bulan depan akan digantikan oleh Agus. Sebelumnya Agus menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.