Resmi, Gibran Jadi Cawapres Pilpres 2024

Gibran Rakabuming dan Prabowo Subianto sebagai capres dan cawapres 2024

Prabowo dan Gibran berfoto dengan jas hitam berdampingan | sumber : aceh.tribunnews.com/2023/10/23/diusung-jadi-bakal-cawapres

Minggu 22 Oktober 2023, Gibran resmi jadi cawapres pilpres 2024. Pengumuman penting ini resmi disampaikan oleh ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Putra sulung presiden Joko Widodo resmi akan mendampingi Prabowo sebagai cawapres dalam pemilu 2024.Pengumuman disampaikan, setelah para ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyelenggarakan rapat di kediaman Prabowo yang berlokasi di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Sebelumnya pada Sabtu tanggal 21 Oktober 2023 kemarin Partai Golkar juga dengan resmi  memutuskan dukungan mereka kepada Gibran. Agar dia menjadi cawapres Prabowo Subianto. Pengumuman pada hari Sabtu tersebut secara resmi disampaikan usai rapat pimpinan nasional

“Pada suatu konferensi yang melibatkan semua delapan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM), dengan kehadiran penuh dari para ketua dan sekretaris jenderal masing-masing partai, kami telah mencapai kesepakatan akhir secara konsensus.

Kesepakatan ini mencakup penunjukan Prabowo Subianto sebagai calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju untuk periode 2024-2029, dengan Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai calon wakil presiden,” Prabowo menyampaikan dalam konferensi pers di rumahnya pada hari Minggu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar Golkar, saya sangat mengapresiasi hasil Rapimnas pada siang hari ini,” ujarnya.

Setelah pertemuan dengan ketua DPD tadi malam, semua pihak mencapai kesepakatan dalam mengusulkan dan mendukung Mas Gibran sebagai calon wakil presiden bersama Pak Prabowo untuk pemilihan presiden di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, pada hari Sabtu. Setelah diusung resmi, Gibran Rakabuming Raka menyatakan akan berkoordinasi dengan hasil rapat pleno pertama dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Partai Golkar dengan Prabowo.

Baca Juga  Situ Rawa Gede Bojong Menteng, Temukan Keindahannya !

Hasil dari rapat pleno pertama Rapimnas Partai Golkar adalah mengusulkan Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Gibran juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar atas hasil yang dicapai dalam Rapimnas II tersebut di DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023.

Reaksi Netizen Terhadap Pengumuman Gibran Jadi Cawapres

Setelah pengumuman Prabowo-Gibran, netizens Indonesia dengan cepat membanjiri linimasa media sosial dengan beragam komentar. Berdasarkan pemantauan CNBC Indonesia pada Senin (23/10/2023), topik yang berhubungan dengan ‘PDIP’ menjadi tren pada hari tersebut.

Tidak kurang dari 29.700-an posting terkait PDIP muncul di media sosial. Sebagai informasi, saat ini Gibran adalah anggota partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri, yaitu PDIP. PDIP sendiri memajukan pasangan Ganjar-Mahfud MD sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Respon Surya Paloh Soal Ghibran Jadi Presiden

Pada sikapnya Surya Paloh menghormati sikap tiap partai. Seperti itulah yang ketua DPP Nasdem Charles Meikyansyah katakan pada rapat yang membahas dinamika politik saat ini. Karena pasalnya, salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Salah satunya adalah sikap terhadap Koalisi Indonesia Maju saat ini. Hal lainnya yang disampaikan oleh Charles terkait respond Surya Paloh.

Bahwasanya tidak ada yang ganjil dengan pasangan capres cawapres Prabowo dan Gibran. Menurutnya (Surya Paloh). Hal semacam itu adalah hak otonomi tiap partai. Setiap partai berhak menentukan kadidat terbaik dari mereka. Katakanlah Prabowo dan Gibran yang terbaik untuk maju sebagai Capres dan cawapres, maka jadilah itu. Kata charles kepada wartawan, senin 23 Oktober 2023

Gibran Rakabuming Raka Tidak Hadir Pada Saat Deklarasi

Pada saat namanya dideklarasikan oleh ketum partai Gerindra Prabowo Subianto Minggu 22 Oktober 2023. Gibran tidak hadir pada malam tersebut. Sedangkan di dua deklarasi sebelumnya oleh Prabowo Subianto. Putra sulung presiden Joko Widodo tersebut selalu hadir. Ketika disinggung soal ketidakhadirannya pada peristiwa penting tersebut.

Baca Juga  Pendaftaran Capres Cawapres 2024 Dibuka, Ini Info Lengkapnya

Gibran mengaku harus memenuhi pekerjaan serta menjalankan kewajibannya sebagai wali kota Solo. Mengutip dari news.republika.co.id inilah seperti inilah yang Gibran katakan. ‘“(Alasan kemarin tidak hadir deklarasi) Ya karena saya hari ini saya harus menyelesaikan pekerjaan saya di Solo ya,” kata Gibran, Senin (23/10/2023). Disisi lain Prabowo Sendiri nampak tidak mengatakan atau merespon apapun terhadap ketidakhadiran Gibran.