Begini Kronologi Kecelakaan Kereta Api Argo Semeru

Situasi di area kecelakaan kereta api Argo Semeru

Kereta api Argo Semeru nampak anjlok dari rel | sumber : liputan6.com/bisnis/read/5425918/kronologi-ka-argo-semeru

Kereta Api 17 Argo Semeru bertabrakan dengan Kereta Api 6 Argo Wilis. Kecelakaan ini terjadi pada hari selasa 17 Oktober 2023 pukul 13.15. Lokasi spesifik kecelakaan yang melibatkan dua kereta api ini terjadi di KM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates.

Mengutip dari detik finance.com. Menurut informasi dari penumpang dan petugas KAI, kecelakaan bermula saat kereta Argo Semeru dari Surabaya ke Jakarta tiba-tiba tergelincir dari rel. Sementara itu dari arah Bandung-Surabaya melaju kereta Argo Wilis, sehingga menabrak gerbong Argo Semeru.

Kronologi kecelakaan Kereta Api Argo Semeru bertabrakan dengan KA Argo Wilis

1. Kronologi Awal 

KA Argosemeru tergelincir dan bertabrakan dengan KA Argo Wilis diKM 520 + 4 petak jalan antara Stasiun Sentolo-Stasiun Wates. Pada saat kejadia Kerta Api Argo Semeru yang relasinya relasi Surabaya Gubeng-Gambir

tiba-tiba saja tergelincir. Kemudian Kereta tersebut menabrak Kereta Api Argo WIlis yang datang dari arah Bandung-Surabaya

2. Datangnya Laporan Kecelakaan

Mengutip dari detik.jogja.com, ““Laporan diterima jam 13.30 WIB. Info yang diterima melibatkan Argo Semeru dengan Argo Wilis,” ucap personel Damkar Kulon Progo, Nevo saat ditemui di lokasi, Selain itu, Selasa (17/10).

3. Evakuasi Korban Kecelakaan Dilakukan

  Lima mobil ambulans datang ke lokasi kecelakaan. Penumpang-penumpang dari dua kereta itu telah dievakuasi dari lokasi kecelakaan. Sekretaris PMI DIY Arif Noor Hartanto menyebut penumpang kereta yang telah dievakuasi berjumlah 500 orang. 

Mengutip dari detik.com, Penumpang dari KA Argo Semeru dievakuasi ke shelter di Stasiun Wates, sementara penumpang KA Argo Wilis dievakuasi ke Stasiun Tugu Yogyakarta,” jelas Arif di lokasi.

4. Evakuasi Rangkaian Kereta

KAI akan melakukan upaya evakuasi dua rangkaian kereta api yang terlibat kecelakaan mendapatkan upaya evakuasi dari KAI. Selain itu KAI juga melakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. 

Baca Juga  Resmi, Gibran Jadi Cawapres Pilpres 2024

KAI menuturkan, bagi perjalanan kereta yang akan melintas di wilayah Wates-Sentolo, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan oper stand.

5. Pihak KAI Menyampaikan Permintaan Maaf   

Raden Agus Dwinanto Budiadji yang juga menjabat sebagai EVP of Corporate Secretary menyampaikan permohonan maaf atas insiden kecelakaan dua kereta tersebut. Raden juga menyampaikan bahwa, saat ini kedua jalur rel antara Wates-Sentolo untuk sementara waktu tidak dapat dilalui.

Pengalihan lalu lintas dan upaya pemulihan lalu lintas sedang dilakukan oleh pihak berwenang. Hal ini dilakukan karena akibat daripenutupan sementara Jalan Raya Utama. Yang mana telah menyebabkan kemacetan lalu lintas di sekitar wilayah tersebut. 

Semoga Tidak Terjadi Lagi

Kecelakaan yang melibatkan Kereta api Argo Semeru dan Kereta api Argo Wilis adalah pengingat pedih akan risiko yang melekat pada perjalanan kereta api. Meskipun sudah ada berbagai upaya keamanan yang diterapkan. 

Kami ingin menyampaikan belasungkawa mendalam kepada keluarga korban dan berharap agar mereka dapat menemukan kekuatan dalam menghadapi masa sulit ini. Kejadian ini juga mengingatkan kita akan pentingnya keselamatan transportasi publik dan perlunya terus meningkatkan standar keamanan.

 Semoga tindakan pencegahan lebih lanjut dapat mencegah insiden serupa di masa depan dan membantu melindungi nyawa penumpang yang tak terhitung jumlahnya. Serta, jangan lupa untuk membaca berita-berita penting lainnya di globetrottinginheels