Sebelum Daftar Prakerja Gelombang 62, Baca Ini Dulu

Apa itu kartu prakerja ?

Kartu prakerja adalah program pemerintah yang bisa membantu orang mendapatkan pekerjaan. Orang-orang yang mendaftar akan mendapatkan pelatihan kompetensi dan semacamnya. Kartu ini dan programnya ditujukan pada para pencari kerja, korban PHK, maupun pengangguran. Kabar baiknya adalah orang yang sudah bekerja pun bukan pengecualian. Karyawan dan orang-orang yang sudah bekerja juga bisa mendaftar.

 

Sejak kapan program kartu pra-kerja dimulai ?

Kartu pra-kerja dan programnya pertama kali diluncurkan di tahun 2011. Mengutip dari berita kompas dengan judul Gelombang 23 Kartu Prakerja Dibuka dengan Jumlah Kuota 500.000 bahwa dihari yang sudah disebutkan diatas. Sudah ada pendaftar sebanyak 11,4 juta dalam 22 gelombang pendaftaran.

 

Anggaran kartu prakerja

Mengutip dari berita infobanknews.com dengan judul ‘anggaran kartu prakerja dipatok sampai Rp 4,37 triliun’. Beberapa rincian anggaran nya seperti ini. Skema anggaran yang diberikan berubah.Dari yang semula anggaran nya bersifat semi bantuan sosial menjadi skema nasional. Sebagai catatan. Dikatakan kalau ditahun 2023 anggaran yang dibutuhkan mencapai angka Rp 4,37 triliun.

Perbedaan lain nya adalah kini peserta bisa mendapatkan nilai bantuan yang lebih besar. Dimana masing-masing peserta akan menerima Rp 4,2 juta per orang nya. Rp 4,2 juta ini sendiri sifatnya terdiri dari Rp 3,5 juta untuk biaya pelatihan. Kemudian ada insentif pasca pelatihan sebanyak Rp 600 ribu. Selain ada juga insentif untuk pengisian survei sebanyak 100 rb.. Dengan catatan peserta mengisi survey dua kali.

 

Informasi terbaru tentang kartu prakerja Oktober 2023

Yang pertama adalah Gelombang 62 yang terbaru ini adalah gelombang kartu prakerja terkahir yang akan ada ditahun 2023. Anda mungkin akan ingin mendaftar secepatnya. Sebelum anda harus menunggu lagi sampai gelombang kartu prakerja terbaru dibuka lagi. Kedua, pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi prakerja https://dashboard.prakerja.go.id/. Pengumuman dan informasi lebih lanjut lain nya ada di instagram resmi kartu prakerja. Selain hal-hal ini

Baca Juga  Mengungkap 1 Oktober Hari Apakah Itu ?

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah fenomena yang selalu menghantui dunia kerja, memiliki dampak signifikan tidak hanya bagi pekerja yang terkena PHK, tetapi juga bagi pencari kerja dan tingkat pengangguran secara keseluruhan. PHK merupakan situasi sulit dan penuh ketidakpastian bagi individu yang harus melepaskan pekerjaan mereka. Para pekerja yang terkena PHK seringkali merasa khawatir tentang masa depan mereka, mencari peluang baru di pasar kerja yang mungkin penuh persaingan.

Pencari kerja juga merasakan dampak dari PHK yang terjadi. Mereka harus bersaing dengan rekan-rekan mereka yang juga mencari pekerjaan, sehingga menciptakan tekanan tambahan dalam mencari peluang pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman mereka. Di sisi lain, tingkat pengangguran di negara juga dapat meningkat sebagai akibat dari PHK massal, mengakibatkan persaingan yang lebih ketat di pasar kerja.

Penting bagi pemerintah, perusahaan, dan masyarakat secara keseluruhan untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah PHK, memberikan pelatihan dan dukungan kepada pekerja yang terkena dampak, serta menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi tingkat pengangguran. Dengan pendekatan yang komprehensif, kita dapat membantu mengurangi ketidakpastian dalam dunia kerja dan menciptakan peluang yang lebih baik bagi semua orang.

 

Syarat pendaftara program kartu prakerja :

  1. Warga negara Indonesia berusia 18-64 tahun
  2. Mendaftar secara mendiri, tanpa wakil maupun joki
  3. Mendaftar melalui website www.prakerja.go.id lalu klik gabung gelombang untuk mengikuti seleksi
  4. Tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti kuliah atau sekolah
  5. Bukan penerima upah, termashk juga umkm
  6. bukan dari kelompok pejabat negara, ASN (Aparatur Sipil Negara), Kepolisian, TNI, kepala desa dan termasuk perangkat, serta direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD;
  7. Dibatasi untuk dua anggota keluarga dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama.
  8. Sedang mencari kerja
  9. Tahapan-tahapan pendaftaran program kartu prakerja gelombang 62 Oktober 2023
Baca Juga  14 Oktober Hari Apa Aja ? Ini Dia Daftarnya Yang Harus Kamu Tahu

 

Dilansir dari laman Kartu Prakerja, berikut

7 tahapan yang harus dilalui dalam program kartu prakerja:

1. Pendaftaran

Masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun di laman tersebut. Pendaftaran baru bisa dilakukan setelah dibuka pada 11 April 2020.

Beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain data diri, NIK, nomor ponsel, dan alamat email.

Setelah selesai melakukan pendaftaran, lakukan verifikasi.

2. Seleksi

Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengikuti tes terlebih dahulu dan lulus agar bisa mendapatkan Kartu Prakerja.

Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar di web Prakerja untuk bisa bergabung dalam gelombang pendaftaran dan tunggu pengumuman hasilnya.

3. Pilih pelatihan

Pilih pelatihan di Mitra Platform Digital Resmi dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Adapun platform yang bekerja sama adalah sebagai berikut:

  • Tokopedia
  • Skill Academy
  • Mau Belajar Apa
  • Bukapalak
  • Pintaria
  • Sekolahmu
  • Kemnaker
  • Pijar.

Ada berbagai bidang pelatihan yang bisa dipilih. Misalnya, di Tokopedia, ada bidang bahasa, kesenian, fashion, tata boga, fotografi, jasa, pengembangan diri, media, sertifikasi, olahraga dan kesehatan, dan lain-lain.

Setelah selesai memilih pelatihan, ikuti instruksi di laman tersebut.

Selanjutnya akan ada opsi untuk membayar. Pilih metode pembayaran “Kartu Prakerja” dan jika punya kode promo bisa dimasukkan.

Ikuti prosesnya hingga berhasil melakukan pendaftaran.

4. Ikuti pelatihan

Informasi tentang teknis waktu pelatihan belum diberitahukan oleh Kemenko Perekonomian.

Jika sudah berhasil mendaftar, Anda diharuskan menyelesaikan pelatihan online di platform yang dipilih. Setelah pelatihan, sertifikat elektronik bisa didapatkan.

5. Beri ulasan dan rating

Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan. Langkah ini wajib dilakukan agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Insentif pasca pelatihan

Dapatkan insentif Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.

Baca Juga  Berpergian Jadi Lebih Praktis Dengan Tas Ransel Kecil

7. Insentif pasca survei kebekerjaan

Isi 3 survei yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif Rp 150 ribu untuk setiap survei.

 

Benefit program kartu prakerja gelombang 62 oktober 2023

Melansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan pelatihan dan insentif dengan rincian seperi ini

  1. Insentif bantuan pelatihan totalnya Rp 3.550.000 yang terdiri dari
  2. Biaya bantuan pelatihan: Rp 1.000.000
  3. Insentif penuntasan pelatihan: Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan
  4. Insentif survei kebekerjaan: Rp 150.000. Dana tersebut akan ditransfer secara bertahap selama 3-4 bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program.
  5. Dilansir laman FAQ Tokopedia soal prakerja, bantuan diberikan secara non-tunai.
  6. Pendaftar program hanya berhak mendapatkan bantuan sekali saja. Meski demikian, bantuan tersebut bisa digunakan untuk mengikuti beberapa kali pelatihan.

Sebagai catatan, Kartu Prakerja tidak bisa dipindah tangankan kepada orang lain.

 

Dengan demikian, Program Kartu Prakerja gelombang 62 Oktober 2023 menjadi salah satu upaya penting dalam menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berubah. Dalam gelombang ini, ribuan peserta telah diberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka, mempersiapkan diri untuk tantangan masa depan.

Program ini tidak hanya menciptakan peluang baru bagi pencari kerja, tetapi juga memberikan dorongan bagi pertumbuhan ekonomi negara. Semoga setiap peserta dapat mengoptimalkan manfaat yang mereka peroleh dari Kartu Prakerja untuk mencapai karier yang lebih baik dan masa depan yang lebih cerah.

Teruslah berusaha, belajar, dan berkembang, karena investasi dalam diri sendiri adalah kunci sukses di era modern ini. Terima kasih sudah membaca artikel prakerja ini. Masih ada info-info menarik lain nya yang bisa membantu kamu di globetrottinginheels