Taman Wisata Pagaralam Sumatera Selatan, Pilihan Destinasi yang Terjangkau !

taman wisata pagaralam

Taman Wisata Pagaralam terletak di Kabupaten Pagaralam, Sumatera Selatan. Destinasi wisata ini dikenal karena keindahan alamnya yang mempesona dipegunungan Bukit Barisan. Taman ini memiliki berbagai macam wisata alam yang bisa dinikmati, mulai dari air terjun yang spektakuler hingga trekking dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan.

1. Air Terjun Curup Tenang

Keindahan Spektakuler Air Terjun

Air Terjun Curup Tenang terletak di Desa Suka Jaya, Kecamatan Dempo Selatan, Kabupaten Pagaralam. Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan dan merupakan satu-satunya air terjun yang terdapat di daerah Pagaralam. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer dari rumah warga terdekat ke lokasi air terjun, di mana di sepanjang jalan terdapat keindahan pemandangan alam yang mempesona.

Sarana Olahraga dan Fasilitas

Taman Wisata Pagar Alam yang berada di sekitar air terjun ini dilengkapi dengan sarana olahraga seperti flying fox untuk menerobos ngarai, trekking, dan fasilitas pendukung lain seperti toilet, parkir, dan warung makan.

2. Gunung Dempo

Gunung Menantang untuk Pendaki yang Berpengalaman

Gunung Dempo merupakan gunung berapi yang berada di dekat Kota Pagaralam. Gunung ini memiliki ketinggian 3.173 mdpl dan menjadi salah satu destinasi wisata paling terkenal di Pagaralam. Pendakian ke puncaknya membutuhkan waktu sekitar 8 – 10 jam tergantung jalurnya, meskipun jalur paling terkenal biasanya menggunakan jalur pendakian dari Desa Semendawai Suku II. Pengunjung yang sudah berpengalaman untuk mendaki gunung akan menikmati perjalanan dan pemandangan yang luar biasa dengan rumput hijau di sepanjang jalur pendakian.

Fasilitas yang Tersedia

Gunung Dempo, terdapat fasilitas seperti area parkir, tempat istirahat, toilet, dan kios makanan. Ada juga tempat khusus untuk berkemah untuk pengunjung yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu menikmati panorama dari Gunung Dempo.

Baca Juga  Objek Wisata Tlatar, Wisata Alam di Boyolali

3. Danau Ranau

Keindahan Danau Ranau yang Eksotis

Danau Ranau merupakan danau alami terbesar dan paling populer yang terdapat di Pagaralam. Danau ini melintasi dua kabupaten yang berbeda, yakni Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kabupaten Pagaralam. Pengunjung bisa menikmati keindahan danau Ranau dari atas bukit yang ada di sekitar area danau. Keindahan danau nan eksotis membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Spot Foto yang Menarik

Di sekitar Danau Ranau, pengunjung dapat menikmati spot foto yang menawarkan pemandangan danau yang sangat menakjubkan. Salah satu spot terkenal adalah di puncak bukit Bukit Beriwang, di mana pengunjung dapat melihat keindahan danau dari ketinggian. Untuk mencapai spot tersebut, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup menantang.

4. Padang Savana Pagaralam

Padang Savana Menakjubkan

Padang savana Pagaralam merupakan padang rumput yang terletak di kawasan pegunungan Bukit Barisan. Padang rumput ini memberikan pemandangan yang sangat nyaman dan menenangkan, selain itu, area ini menjadikan suasana liburan yang lebih segar. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar area padang savana, bermain dengan keluarga atau bahkan berkumpul bersama teman.

Tempat Berkemah yang Nyaman

Di rumput hijau luas, pengunjung dapat memilih tempat berkemah tertentu. Area camping yang tersedia bersih dan lengkap dengan fasilitas seperti toilet, kantor, dan shower ruangan bersih. Suasana malam bintang-bintang membuat camping lebih menyenangkan dan mengasyikkan. Namun, tentu saja, selalu patuhi aturan yang ada karena alam harus tetap terjaga.

Rekomendasi Singkat

Untuk menikmati keindahan alam Taman Wisata Pagaralam, pastikan untuk membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kondisi tertentu, karena area ini memiliki banyak rute trekking dan aktivitas fisik yang membutuhkan tenaga ekstra. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kamera untuk merekam momen yang seru saat berwisata. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Pagaralam, lupakankan sejenak rutinitas kamu dan kunjungi Taman Wisata Pagaralam untuk menikmati sensasi menakjubkan yang ditawarkan alam.

Baca Juga  Menikmati Kemewahan Tradisional di Hotel Joglo Ageng Guci Tegal

Sewa Mobil Untuk Liburan

Sewa mobil untuk liburan ke Pagaralam, Sumatera Selatan, adalah pilihan yang cerdas untuk memaksimalkan pengalaman liburan kamu. Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam proses sewa mobil di destinasi yang indah ini. Pertama, pastikan kamu memesan mobil dengan cukup waktu sebelumnya, terutama jika kamu merencanakan liburan pada musim liburan atau akhir pekan. Ketersediaan mobil dapat menjadi masalah pada waktu-waktu tersebut. Kedua, periksa kondisi mobil sebelum kamu menerima kunci. Pastikan mobil dalam kondisi baik, memiliki perlengkapan keselamatan yang diperlukan, dan bahan bakar yang cukup. Ketiga, pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu. Jika kamu akan menjelajahi daerah pegunungan Pagaralam, pertimbangkan untuk menyewa SUV atau mobil dengan roda empat penggerak untuk mengatasi medan yang berbatu. Terakhir, perhatikan aturan lalu lintas dan jalan di Pagaralam, dan selalu berhati-hati saat mengemudi. Selamat menikmati liburan kamu dan menjelajahi keindahan alam Pagaralam!