5 Wisata Alam Sleman dan Jogja yang Wajib Dikunjungi !

Wisata Alam Sleman

Sleman adalah sebuah kabupaten di provinsi Yogyakarta yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Kabupaten ini terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, yang memungkinkannya untuk memiliki berbagai macam wisata alam. Jika kamu mencari tempat yang damai untuk melepas lelah, maka Sleman adalah tempat yang tepat. Bahkan, wisata alam yang ada di sini sangat tepat untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Inilah beberapa rekomendasi wisata alam Sleman yang wajib dikunjungi:

1. Hutan Pinus Asri Mangunan

Hutan Pinus Asri Mangunan adalah tempat yang sangat menenangkan dengan udara yang segar dan pemandangan yang menakjubkan. Hutan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Sleman, Yogyakarta. Hutan Pinus Asri Mangunan memiliki tempat yang sangat indah dan banyak spot foto yang instagramable. kamu bisa berswafoto sambil menikmati keindahan hutan dan menikmati bebunyian alam yang menenangkan. Selain itu, kamu juga bisa naik perahu atau mendaki bukit sambil menyaksikan keindahan alam sekitar.

2. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah wisata alam yang terkenal yang menawarkan pengalaman yang luar biasa. Goa Jomblang adalah goa horizontal atau masuk dari tebing yang curam dan cukup dalam. Goa ini terletak di Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Ketika tiba di dalam goa, kamu akan melihat cahaya saat sinar matahari masuk ke dalam lubang di atasnya, menciptakan suasana yang sangat indah. Tentunya, perjalanan untuk mencapai Goa Jomblang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi pengalaman yang dihasilkan sangat sebanding dengan jerih lelah yang paling kamu rasakan.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang adalah air terjun yang keren dan indah di Sleman. Ini terletak di Dusun Nglinggo, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Yang membuat air terjun ini unik adalah bentuknya yang seperti dataran yang sempit dengan aliran air yang mengalir pada bagian tengahnya. kamu bisa menikmati keindahan alam sambil mandi air terjun. Ini bukan hanya tempat yang sempurna untuk bersantai, atau bahkan mandi, tetapi juga tempat yang sangat instagramable.

Baca Juga  Wisata Alam Gosari, Tips Rekreasi di Gresik Jawa Timur

4. Puncak Sikunir

Puncak Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sana dari Sleman, kamu perlu naik kendaraan selama sekitar 3 jam. Puncak Sikunir adalah tempat populer untuk melihat sunrise. Dari sana, kamu dapat melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Pegunungan Menoreh yang menakjubkan. kamu juga bisa melakukan pendakian ke puncak dari Puncak Garung dalamp waktu yang singkat. Bagi kamu yang menyukai fotografi, ini adalah tempat yang paling cocok untuk mengabadikan momen-momen terindah.

5. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang terkenal di Sleman. Ini sangat dekat dengan Yogyakarta, kira-kira 23 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Pantai ini terkenal dengan ombaknya dan memiliki semangat mistis. Ada banyak mitos dan legenda yang terkait dengan pantai ini, seperti Kuntilanak, Nyi Roro Kidul, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga aktivitas yang menarik seperti naik kereta kuda, atau berkemah. Pantai ini pasti akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk setiap orang.

Sleman adalah tempat yang sangat ideal untuk menikmati liburan di alam terbuka. Jika kamu belum berencana untuk pergi ke sana sekarang, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi semua tempat yang sudah direkomendasikan dengan menggunakan sewa mobil jogja. Nikmati pemandangan yang menakjubkan, bisa berswafoto dengan spot yang indah, menikmati ketenangan alam, serta mencoba berbagai aktivitas di wisata alam Sleman. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera kita, dan menghasilkan kenangan yang tak terlupakan.