Lezatnya Makanan Khas Cirebon, Nikmati Jajanan Legendaris Jawa Barat !

Makanan Khas Cirebon

Jika kamu sedang berada di Cirebon, pastikan kamu mencoba makanan khasnya yang terkenal enak dan lezat. Cirebon, sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, memiliki banyak makanan khas yang dihasilkan dari berbagai bahan berkualitas. Mengenali citra unik Cirebon, warisan budaya dan kuliner yang terwarisi hingga sekarang, menjadikan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi mengenai makanan khas Cirebon yang tidak boleh dilewatkan.

Soto kuda

Soto Kuda adalah makanan khas yang telah terkenal sejak lama di Cirebon. Seperti namanya, soto ini dibuat dari daging kuda yang dipotong-potong kecil dan direbus dalam kuah kaldu ayam. Kuah kental yang disajikan bersama nasi, tauge, koya, dan sedikit jeruk nipis membuat soto ini khas dan unik. Soto Kuda biasa dijual di kedai kecil atau gerobak tepi jalan di kota Cirebon dengan harga mulai dari Rp 15.000.

Ayam panggang “nelongso”

Ayam Panggang “Nelongso” adalah salah satu makanan khas Cirebon yang terkenal. Ayam panggang ini disajikan dalam keadaan utuh atau potongan, dilumuri dengan bumbu khusus dan panggang di atas arang sampai matang dan empuk. Rasanya yang nikmat dan gurih menjadikan Ayam Panggang “Nelongso” cocok dijadikan menu makan siang atau malam. Harganya mulai dari Rp 25.000 di restoran atau rumah makan di Cirebon.

Nasi jamblang

Saat berkunjung ke Cirebon, kamu juga harus mencoba Nasi Jamblang, nasi putih biasa namun dihadirkan dengan beragam varian lauk pauk yang sudah tersedia dalam soponya. Nasi Jamblang tersebut dilengkapi dengan lauk pauk rendang jengkol, dendeng ikan, dan lain-lain. Nasi Jamblang menjadi makanan khas Cirebon yang wajib dicoba saat berkunjung ke daerah tersebut. Harga nasi Jamblang yang murah mulai dari Rp. 12.000 – Rp. 40.000 tergantung pada jumlah lauk yang kamu pilih.

Baca Juga  Resep Praktis Membuat Cireng Salju yang Gurih dan Renyah

Mie koclok

Mie khas Cirebon ini biasa menggunakan mie kuning tebal sebagai pengganti mi pada umumnya. Mie yang digunakan memiliki tekstur yang kenyal dan sangat lezat. Kuah kaldu ayam kental yang menyertai sehingga membuat makanan ini sangat cocok untuk disantap saat cuaca dingin. Mie Koclok ini umumnya dijual dengan harga Rp. 8.000 – Rp. 15.000 di kedai atau rumah makan yang banyak terdapat di Cirebon.

Transportasi menuju ke cirebon

Cirebon terletak di propinsi Jawa Barat, jadi kamu bisa menaiki kereta atau bus dari Jakarta atau Bandung, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan kota atau ojek menuju tempat tujuan. Dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp 150.000, kamu dapat sampai di kota Cirebon dari Jakarta atau Bandung. Bisa juga dengan travel bandung jakarta dan sebaliknya dengan agen travel terpercaya

Tips berkunjung ke cirebon

Berikut beberapa tips untuk berkunjung ke Cirebon:

  1. Pastikan untuk mencoba makanan khas Cirebon saat berkunjung ke sana
  2. Menggunakan layanan transportasi yang terpercaya
  3. Menjaga Kebersihan saat Berkunjung.
  4. Menghargai Budaya
  5. Menghargai dan mempelajari budaya dan adat istiadat lokal merupakan rangkaian pebelajaran saat berjalan-jalan.

Makanan khas Cirebon merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang sangat terkenal. Soto Kuda, Ayam Panggang “Nelongso”, Nasi Jamblang, dan Mie Koclok menjadi sajian khas kota Cirebon yang wajib di coba. Bagi kamu yang berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk membawa selera makanan kamu untuk mencoba sajian khas Cirebon yang enak dan lezat. Pastikan kamu menjaga kebersihan dan menghargai budaya lokal saat berkunjung ke sana. Salam menyantap dan menjelajahi kota Cirebon!