Resep Gado-Gado Sederhana yang Enak dan Sehat

Resep Gado-Gado Sederhana yang Enak dan Sehat

Gado-gado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang telah dikenal di berbagai belahan dunia. Makanan ini biasanya terdiri dari sayuran yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas. Gado-gado biasa dimakan dengan lontong atau nasi ketan. Asal mula gado-gado berasal dari Jawa Barat dan terkenal di daerah Jakarta. Bahan-bahan untuk membuat gado-gado bisa bervariasi, tergantung dari daerah atau selera masing-masing orang.

Bahan-Bahan

Untuk membuat gado-gado sederhana yang enak dan sehat, kamu memerlukan berbagai macam sayuran, seperti kacang panjang, tauge, wortel, kentang, bayam, dan selada. Selain itu, kamu juga memerlukan tempe goreng, tahu goreng, telur rebus, dan lontong atau nasi ketan. Untuk membuat bumbu kacang, kamu memerlukan kacang tanah, gula merah, garam, bawang putih, air asam, dan air matang.

Cara Membuat

1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang sudah dipotong dan direbus.

2. Setelah itu, tumbuk kacang tanah, gula merah, bawang putih, dan garam hingga halus.

3. Setelah itu, tambahkan air asam dan air matang sesuai dengan selera. Aduk dan cicipi.

4. Siapkan piring saji dan tata sayuran, lontong atau nasi ketan, tahu goreng, tempe goreng, dan telur rebus di atasnya.

5. Siram bumbu kacang di atasnya atau sajikan bumbu kacang secara terpisah.

6. Gado-gado sederhana siap disajikan.

Tips

Untuk membuat gado-gado sederhana yang enak dan sehat, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain, seperti kerupuk, irisan timun, atau tomat. Kamu juga bisa menyesuaikan rasa bumbu kacang dengan selera. Untuk membuat gado-gado yang lebih sehat, kamu bisa menggoreng tahu, tempe, atau telur dengan menggunakan air fryer atau cara lainnya yang tidak memerlukan banyak minyak.

Baca Juga  Lezatnya Makanan Khas Cirebon, Nikmati Jajanan Legendaris Jawa Barat !

Keuntungan Makan Gado-Gado Sederhana

Makan gado-gado sederhana memiliki banyak keuntungan. Pertama, sayuran yang ada pada gado-gado kaya akan serat dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bumbu kacang pada gado-gado juga mengandung kacang tanah yang kaya akan protein dan asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bahan-bahan pada gado-gado juga bisa membantu menjaga berat badan karena mengandung kalori rendah.

Kesimpulan

Gado-gado sederhana adalah makanan yang enak, sehat, dan mudah diolah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya juga mudah didapatkan dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Selain enak, gado-gado sederhana juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat gado-gado sederhana di rumah.

Kunjungi juga: https://belvaniatrans.com/