Cara Membuka Website yang Diblokir Server: Solusi Praktis

Cara Membuka Website yang Diblokir Server

Cara Membuka Website yang Diblokir Server – Terkadang, saat mencoba mengakses sebuah website, Anda mungkin menghadapi pesan bahwa website tersebut diblokir oleh server. Hal ini umum terjadi di berbagai lingkungan seperti sekolah, kantor, atau lembaga tertentu yang menerapkan kebijakan pemblokiran untuk alasan keamanan atau produktivitas.

Namun, jika Anda ingin mengakses website yang diblokir tersebut, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuka website yang diblokir oleh server.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa membuka website yang diblokir oleh server mungkin melanggar kebijakan atau peraturan yang ada. Pastikan untuk menggunakan metode ini dengan tanggung jawab dan menghormati kebijakan yang berlaku di lingkungan Anda.

Cara Membuka Website yang Diblokir Server

1. Menggunakan VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah salah satu cara paling efektif untuk membuka website yang diblokir oleh server. VPN menciptakan koneksi aman dan terenkripsi antara perangkat Anda dan server VPN yang terletak di lokasi lain. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan VPN untuk membuka website yang diblokir:

  1. Unduh dan instal aplikasi VPN yang terpercaya dari toko aplikasi resmi.
  2. Buka aplikasi VPN dan ikuti petunjuk untuk membuat akun atau masuk ke akun yang ada.
  3. Pilih server VPN yang terletak di negara atau lokasi di mana website yang diblokir tersedia.
  4. Terhubunglah ke server VPN dengan mengklik tombol “Hubungkan” atau sejenisnya dalam aplikasi.
  5. Setelah terhubung, VPN akan menyembunyikan alamat IP Anda dan membuat Anda terlihat berasal dari server VPN yang dipilih.
  6. Buka browser web di perangkat Anda dan coba akses website yang sebelumnya diblokir oleh server. Seharusnya sekarang dapat diakses.
Baca Juga  Mesin Setrika Otomatis: Kemudahan dan Efisiensi dalam Menyetrika

2. Menggunakan Proxy Web

Proxy web adalah server perantara yang memungkinkan Anda mengakses website melalui server proxy. Dengan menggunakan proxy web, permintaan akses website akan diteruskan melalui server proxy sehingga menyembunyikan identitas dan lokasi asli Anda. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan proxy web untuk membuka website yang diblokir:

  1. Cari dan temukan proxy web yang terpercaya. Beberapa contoh proxy web yang populer adalah ProxySite, Hide.me, dan KProxy.
  2. Kunjungi situs web proxy yang dipilih di browser Anda.
  3. Pada halaman proxy web, akan ada kolom URL atau tempat untuk memasukkan alamat website yang ingin Anda akses.
  4. Masukkan URL website yang diblokir di kolom tersebut.
  5. Tekan tombol “Go” atau “Enter” untuk mengirim permintaan akses melalui server proxy.
  6. Website yang diblokir seharusnya akan ditampilkan melalui proxy web tersebut.

3. Menggunakan DNS Publik

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang mengonversi alamat web menjadi alamat IP yang dapat dimengerti oleh komputer. Beberapa DNS publik seperti Google Public DNS atau OpenDNS menyediakan layanan yang memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan DNS pada perangkat Anda dan mengakses website yang diblokir oleh server. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan DNS publik:

  1. Pada perangkat Android, buka “Pengaturan” dan masuk ke opsi “Wi-Fi” atau “Jaringan dan Koneksi”.
  2. Temukan jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan dan tekan lama pada nama jaringan tersebut.
  3. Pilih opsi “Ubah jaringan” atau “Edit jaringan”.
  4. Pilih opsi “Tampilkan Opsi Lanjutan” atau “Lanjutan”.
  5. Pilih opsi “IP Pengaturan” atau “Pengaturan IP”.
  6. Pilih opsi “Statis” atau “Manual”.
  7. Ganti pengaturan DNS dengan DNS publik yang diinginkan, seperti Google Public DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau OpenDNS (208.67.222.222 dan 208.67.220.220).
  8. Simpan pengaturan yang Anda buat dan coba akses website yang sebelumnya diblokir. Seharusnya sekarang dapat diakses.
Baca Juga  Cara Membuat Bootable Flashdisk untuk Instalasi Windows atau Linux

4. Menggunakan Tor Browser

Tor Browser adalah browser web yang memungkinkan Anda untuk menjelajah internet secara anonim dengan bantuan jaringan Tor. Jaringan Tor menyembunyikan identitas dan lokasi Anda dengan mengarahkan lalu lintas internet melalui serangkaian simpul yang tersebar di seluruh dunia. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Tor Browser untuk membuka website yang diblokir:

  1. Unduh dan instal aplikasi Tor Browser dari situs web resminya.
  2. Buka Tor Browser setelah proses instalasi selesai.
  3. Tunggu hingga Tor Browser terhubung ke jaringan Tor.
  4. Buka tab baru di Tor Browser dan masukkan URL website yang ingin Anda akses.
  5. Tor Browser akan mengarahkan permintaan akses melalui jaringan Tor sehingga menyembunyikan identitas dan lokasi Anda.
  6. Website yang diblokir seharusnya akan ditampilkan melalui Tor Browser.

5. Menggunakan Opera Browser dengan VPN Bawaan

Opera Browser adalah salah satu browser web yang menyediakan fitur VPN bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda mengaktifkan VPN langsung dari browser tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Opera Browser dengan VPN bawaan untuk membuka website yang diblokir:

  1. Unduh dan instal aplikasi Opera Browser dari toko aplikasi resmi.
  2. Buka Opera Browser dan buka menu pengaturan dengan mengklik ikon “O” di pojok kiri bawah.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Settings”.
  4. Pada menu pengaturan, aktifkan opsi “VPN” atau “Keamanan dan Privasi”.
  5. Pilih server VPN yang terletak di negara atau lokasi di mana website yang diblokir tersedia.
  6. Setelah terhubung, Opera Browser akan menyembunyikan alamat IP Anda dan membuat Anda terlihat berasal dari server VPN yang dipilih.
  7. Buka tab baru di Opera Browser dan coba akses website yang sebelumnya diblokir. Seharusnya sekarang dapat diakses.
Baca Juga  Game Perang Terbaik 2024

Tips

Sebelum Anda mencoba membuka website yang diblokir oleh server, berikut adalah beberapa tips dan rekomendasi yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Gunakan metode ini dengan tanggung jawab dan menghormati kebijakan yang berlaku di lingkungan Anda. Pastikan untuk tidak melanggar hukum atau peraturan yang ada.
  • Pilihlah solusi yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Beberapa metode mungkin lebih efektif tergantung pada situasi dan konfigurasi server yang Anda hadapi.
  • Periksa reputasi dan keamanan dari aplikasi atau layanan yang Anda gunakan. Pastikan untuk mengunduh dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstal atau menggunakan.
  • Jika Anda menggunakan VPN, pilih server yang terletak di negara atau lokasi di mana website yang diblokir tersedia. Pastikan juga untuk menggunakan VPN yang menyediakan kecepatan dan koneksi yang stabil.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan proxy web atau layanan pihak ketiga lainnya. Hindari memasukkan informasi pribadi atau login ke akun Anda saat menggunakan layanan tersebut.

Website yang diblokir oleh server dapat menjadi tantangan saat Anda mencoba mengakses informasi atau konten yang Anda butuhkan. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuka website yang diblokir oleh server. Anda dapat menggunakan VPN, proxy web, DNS publik, Tor Browser, atau Opera Browser dengan VPN bawaan untuk membuka website yang diblokir.

Pastikan untuk menggunakan metode ini dengan tanggung jawab dan menghormati kebijakan yang berlaku di lingkungan Anda. Sebagai tips terakhir, pastikan untuk memeriksa reputasi dan keamanan dari aplikasi atau layanan yang Anda gunakan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mencoba untuk membuka website yang diblokir dan mengakses informasi yang Anda butuhkan.