Resep Praktis Membuat Cireng Salju yang Gurih dan Renyah

Cara Membuat Cireng Salju paling enak

Cireng Salju adalah camilan tradisional Indonesia yang terkenal dengan tekstur garingnya dan rasa gurih yang menggoyang lidah. Cireng Salju terbuat dari tepung terigu yang digoreng hingga renyah dan dihidangkan dengan taburan bumbu rempah khas. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat Cireng Salju yang lezat dan praktis di rumah. Ikuti langkah-langkahnya dan nikmati cemilan yang menggugah selera ini.

1. Persiapan Bahan

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air matang
  • Minyak untuk menggoreng

Alat yang Diperlukan

  • Mangkuk besar untuk mencampur adonan
  • Pengocok atau sendok untuk mengaduk adonan
  • Penggorengan untuk menggoreng Cireng Salju

2. Membuat Adonan Cireng

Langkah 1: Menggabungkan Tepung Terigu, Baking Powder, dan Garam

Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu serbaguna, baking powder, dan garam. Aduk rata dengan pengocok atau sendok.

Langkah 2: Menambahkan Air Matang

Secara bertahap, tambahkan air matang ke dalam campuran tepung terigu. Aduk adonan secara perlahan sampai adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Jika adonan terlalu kering, tambahkan sedikit air. Jika adonan terlalu basah, tambahkan sedikit tepung terigu.

Langkah 3: Menguleni dan Istirahatkan Adonan

Pindahkan adonan ke permukaan meja atau talenan yang ditaburi sedikit tepung terigu. Uleni adonan dengan tangan selama beberapa menit hingga adonan menjadi elastis dan lentur. Setelah itu, tutup adonan dengan serbet atau plastik cling wrap dan istirahatkan selama 15-20 menit.

3. Membentuk dan Menggoreng Cireng Salju

Langkah 1: Memotong Adonan

Setelah adonan istirahat, ambil sebagian adonan dan giling tipis menggunakan rolling pin hingga mencapai ketebalan sekitar 3-4 mm. Gunakan cetakan lingkaran atau gelas kecil untuk memotong adonan menjadi bentuk bulat. Ulangi proses ini dengan sisa adonan.

Baca Juga  5 Wisata Kuliner Suku Tengger 2024

Langkah 2: Menggoreng Cireng Salju

Panaskan minyak dalam penggorengan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng Cireng Salju dengan sempurna. Goreng Cireng Salju dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan dan mengapung di permukaan minyak. Angkat Cireng Salju dan tiriskan minyak berlebih dengan menggunakan tissue dapur atau rak penggorengan.

4. Menyajikan Cireng Salju

Langkah 1: Menaburkan Bumbu Rempah

Cireng Salju yang sudah digoreng siap untuk dihidangkan. Taburkan bumbu rempah khas seperti bubuk cabai, bubuk bawang putih, dan garam secukupnya di atas Cireng Salju sesuai dengan selera Anda.

Langkah 2: Menyajikan dengan Sambal Kacang

Cireng Salju dapat disantap langsung atau disajikan dengan sambal kacang sebagai pelengkap. Sambal kacang dapat dibuat sendiri dengan mencampurkan kacang tanah yang digoreng, cabai, bawang putih, gula, garam, dan air matang. Blender atau giling bahan-bahan tersebut hingga halus dan sambal kacang siap disajikan.

5. Tips

  1. Pastikan adonan Cireng Salju kalis dan tidak lengket di tangan. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air. Jika terlalu basah, tambahkan sedikit tepung terigu.
  2. Gunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng Cireng Salju agar Cireng Salju terendam sepenuhnya dalam minyak dan matang secara merata.
  3. Pastikan minyak dalam kondisi panas sebelum memasukkan Cireng Salju ke dalamnya. Minyak yang terlalu dingin dapat membuat Cireng Salju menyerap terlalu banyak minyak.
  4. Jika Anda ingin variasi rasa, Anda dapat menambahkan bahan lain ke dalam adonan Cireng Salju, seperti daun bawang cincang, ebi, atau keju parut.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah di atas, Anda dapat membuat Cireng Salju yang gurih dan renyah di rumah. Nikmati cemilan tradisional Indonesia ini sebagai camilan yang lezat dan cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

Baca Juga  Raa Cha Kelapa Gading: Tempat Makan Seru dengan Sajian Pedas dan Lezat